Jakarta International Stadium (JIS)
Infrastruktur

Erick Thohir Tambah 3 Akses Eksternal di JIS untuk Piala Dunia U-17

  • Ketua PSSI Erick Thohir mengungkapkan, akan menambah tiga akses eksternal di Jakarta International Stadium (JIS) untuk gelaran Piala Dunia U-17.
Infrastruktur
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - Ketua PSSI Erick Thohir mengungkapkan, akan menambah tiga akses eksternal di Jakarta International Stadium (JIS) untuk gelaran Piala Dunia U-17.

Erick mengatakan, saat ini akses menuju area JIS hanya satu. Hal ini menjadi catatan FIFA karena menyebabkan penumpukan massa saat akan masuk dan keluar stadion. Pengerjaan ini bekerja sama dengan oleh PUPR dan Dinas Perhubungan.

"Kami waktu itu, karena memang waktu tinjau lapangan bersama Pak Gubernur [DKI Jakarta], dan menyatakan aksesnya memang saat itu adalah satu. Makanya sekarang kita tambahkan menjadi tiga," kata Erick saat konfrensi pers di Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu, 9 Agustus 2023.

Ketua PSSI sekaligus Menteri BUMN ini merinci, tiga akses yang ditambah di antaranya satu Untuk JPO, Kementerian PUPR menggelontorkan Rp70 miliar-Rp80 miliar untuk menggarap Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) yang menghubungkan Jakarta International Stadion (JIS) dengan parkiran di kawasan Ancol.

PUPR membangun jalan jembatan orang yang menuju ke parkir di Ancol sepanjang 430 meter, lebar 5 meter. Kedua akses untuk ke jalan tol dan terakhir akses menuju ke kereta api yang diperkirakan memakan waktu lebih dari bulan November.

Erick menuturkan penambahan akses ini selain menjadi catatan FIFA juga sebagai persiapan Indonesia untuk berbenah sebelum ragam pertandingan sepak bola dan non olahraga akan digelar disana.

Porsi Tugas Renovasi

Basuki menjelaskan, untuk renovasi JIS digarap Pemprov DKI melalui Jakpro dan Kementerian PUPR. Pembagian tugasnya, Pemprov DKI menggarap area dalam stadion, seperti rumput dan akses di dalam stadion.

Selain itu, ada Dinas Perhubungan DKI yang menggarap akses jalan di sekitar Danau Cincin sehingga dari ramp tol bisa menyusur untuk dapat menuju JIS.

Sementara Kementerian PUPR akan mengerjakan akses jalan di luar. Selain menggarap JPO sepanjang 430 meter dan lebar 5 meter, Basuki Hadimuljono mengatakan kementeriannya bakal merenovasi lapangan latihan tambahan, di antaranya perbaikan Lapangan Sumantri Bojonegoro dan Lapangan Banteng.

Sebelumnya,Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menteri PUPR) Basuki Hadimuljono menyebut renovasi sejumlah stadiun diproyeksikan menelan anggaran mencapai Rp100 miliar. Hal ini untuk mendukung gelaran Piala Dunia U-17 termasuk Jakarta International Stadium (JIS).

Adapun kempat stadion yang akan menjadi venue, yakni Jakarta International Stadium (JIS) Jakarta, Si Jalak Harupat (SJH) Bandung, Manahan Solo, dan Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya.