<p>Senapan buatan BUMN PT Pindad (Persero) / Dok. Pindad</p>
Korporasi

Erick Thohir Tunjuk Wakapolri Jadi Wakil Komisaris Utama Pindad

  • Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menunjuk Wakil Kepala Kepolisian RI (Wakapolri) Komisaris Jendral Agus Andrianto menjadi Wakil Komisaris Utama PT Pindad.
Korporasi
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

JAKARTA—Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menunjuk Wakil Kepala Kepolisian RI  (Wakapolri) Komisaris Jendral Agus Andrianto menjadi Wakil Komisaris Utama PT Pindad. Kehadiran Agus diharapkan mendorong keselarasan antara Pindad dan kepolisian.

Sebagai informasi, Pindad merupakan BUMN yang bergerak di bidang produksi peralatan pertahanan. Agus Andrianto sendiri baru saja dipercaya menjadi Wakapolri awal Juli lalu menggantikan Gatot Eddy Pramono. 

Deputi SDM, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN Tedi Bharata berharap masuknya Agus dalam jajaran komisaris dapat menunjang keselarasan Pindad dengan kepolisian untuk bersinergi bersama. 

“Kementerian BUMN juga mengharapkan capaian kinerja perusahaan terus lebih baik, melakukan disiplin terhadap target-target yang telah menjadi komitmen sebelumnya,” kata Tedi dalam keterangan resmi, dikutip Selasa 29 Agustus 2023. 

Usai diangkat sebagai komisaris, Agus menilai Pindad memiliki peluang bagus di masa mendatang. Namun hal itu dapat dicapai dengan sejumlah pengembangan. “Untuk mewujudkannya, saya akan belajar dengan dibantu seluruh pihak dan stakeholder,” Agus. 

Direktur Utama PT Pindad Abraham Mose mendorong jajaran komisaris agar semakin kuat dan dapat bekerja sama dengan para direksi. Menurutnya, hal itu harus dilakukan agar Pindad bisa menghadapi tantangan global yang terus meningkat. 

Sebelumnya Presiden Joko Widodo mengapungkan wacana untuk memindahkan pabrik PT Pindad dari Bandung ke Subang, Jawa Barat. Rencana itu disampaikan Jokowi saat mengunjungi pabrik peluru Pindad di Turen, Malang, 24 Juli 2023. Presiden menilai kebijakan itu untuk mengembangkan usaha Pindad. Ini karena Suang memiliki lahan yang lebih luas.