Korporasi

ESG Award: Agung Podomoro Land Raih Predikat Sustainability di TrenAsia ESG Excellence 2022

  • PT Agung Podomoro Land Tbk berhasil membawa pulang penghargaan TrenAsia ESG Excellence 2022 kategori Residential Property dengan predikat Sustainability.
Korporasi
Laila Ramdhini

Laila Ramdhini

Author

JAKARTA – Pengembang properti terdepan PT Agung Podomoro Land Tbk berhasil membawa pulang penghargaan TrenAsia ESG Excellence 2022. Agung Podomoro meraih predikat sustainaibility di kategori Residential Property pada ESG Award ini.

Apresiasi TrenAsia ESG Excellence 2022 diberikan kepada Agung Podomoro atas keberhasilannya dalam mengembangkan kawasan hunian terpadu yang memperhatikan keseimbangan lingkungan dengan menjaga ruang terbuka hijau dan mempertahankan kelestarian lanskap alami yang ada di dalamnya.

Pada sustainability report 2021, Agung Podomoro melaporkan telah membangun kawasan terbuka hijau sebesar 40% dari total kawasan hunian di Podomoro Golf View Cimanggis, Podomoro Park Bandung, dan Kota Podomoro Tenjo. Di samping itu, APLN adalah salah satu corporate founder dari Green Building Council of Indonesia (GBCI).

APLN juga mengedepankan konsep triple bottom line atau 3P (People, Planet, Prosperity) dalam mengelola keberlanjutan. Bagi perseroan, aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan harus berjalan berdampingan dan seimbang untuk memastikan keberlanjutan usaha APLN. 

Marketing Director APLN Agung Wirajaya hadir menerima penghargaan yang diberikan oleh Ketua Dewan Juri TrenAsia ESG Excellence 2022 Michael T. Tjoajadi. Agung menyampaikan apresiasi kepada ajang ini.

“Apresiasi ini menjadi semangat bagi APLN yang telah berkarya dalam industri properti di Indonesia selama lebih dari 50 tahun,” kata Agung, usai menerima penghargaan TrenAsia ESG Excellence 2022, di The Ritz-Carlton, Jakarta, Rabu 19 Oktober 2022.

Saat membuka TrenAsia ESG Excellence 2022, Staf Ahli Bidang Pengembangan Sektor Investasi Prioritas Kementerian Investasi / Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Aries Indanarto mengatakan pemerintah kini mendorong investasi hijau atau green investment.

Green investment adalah kegiatan investasi yang difokuskan pada perusahaan yang memiliki komitmen pada pelestarian lingkungan alam, profduksi sumber energi alternatif terbarukan, pelaksanaan proyek udara bersih dan air bersih serta kegiatan investasi yang ramah lingkungan.

Ekosistem investasi dan kolaborasi di dunia usaha dimaksudkan untuk memperkuat perkembangan ekonomi berbasis inovasi dan teknologi, khususnya ke arah ekonomi hijau dan ekonomi biru yang berkelanjutan.

“Kementerian Investasi siap memfasilitasi perizinan berusaha dan juga permasalahan yang dihadapi perusahaan dalam melakukan investasi di sektor industri yang berbasis investasi hijau di Indonesia,” kata Aries.

Sebagai media online yang fokus pada berita ekonomi, bisnis dan investasi, geliat investasi ESG juga menjadi fokus perhatian TrenAsia.com di bawah naungan PT Tren Media Berjejaring. 

Direktur Utama PT Tren Media Berjejaring, Sukirno mengatakan, berbagai upaya implementasi ESG yang dilakukan oleh perusahaan di Tanah Air perlu diapresiasi lewat ajang TrenAsia ESG Excellence 2022. Harapannya, setiap korporasi makin giat dan berkomitmen terhadap implementasi praktik bisnis berkelanjutan.

“Tujuan dari program ini adalah memberikan dukungan berupa penghargaan kepada perusahaan yang sudah menjalankan ESG agar program-program tersebut bisa berjalan untuk mewujudkan misi nasional mengurangi emisi karbon secara berkelanjutan,” kata Sukirno.

Ketua Dewan Juri TrenAsia ESG Excellence 2022, Michael T. Tjoajadi mengungkapkan, di tataran global, investor kini lebih menyukai investasi yang bertanggung jawab dan lebih mendukung perusahaan yang mengedepankan ESG. Perusahaan-perusahaan ini disebut lebih tahan banting ketika ekonomi berguncang dan membuat investor lebih tenang dengan tata kelola bertanggung jawab.

“TrenAsia ESG Excellence 2022 menjadi wadah untuk merekam progress implementasi ESG oleh perusahaan di Tanah Air setiap tahunnya. Karena sama-sama concern dengan ESG, kami dewan juri sepakat untuk melakukan panel. Sangat bagus media TrenAsia memiliki concern dengan ESG,” kata Michael.

TrenAsia ESG Excellence 2022 telah menyaring lebih dari 120 perusahaan di 34 subsektor industri, yang dinilai dari implementasi ESG beserta variable-variabel turunannya. Proses penjurian mulai dari 12 September hingga 12 Oktober 2022, berdasarkan laporan keberlanjutan dan laporan tahunan perusahaan periode 2021.

Tim dewan juri TrenAsia ESG Excellence 2022 terdiri dari Michael T. Tjoajadi, CEO Schroders Indonesia sebagai ketua; M. Arsjad Rasjid, Chairman Kadin Indonesia; Mas Achmad Daniri, Expert Council Komite Nasional Kebijakan Governansi (KNKG); Edi Setijawan, Director Department of Research Otoritas Jasa Keuangan (OJK); Maria Rosaline Nindita Radyati, President Director Institute for Sustainability & Agility; dan Adhitya Noviardi, Editor in Chief TrenAsia.com.