PT Bank Aladin Syariah Tbk
Korporasi

ESG Award : Bank Aladin Syariah Sabet Predikat Action pada TrenAsia ESG Award 2023

  • ESG Award : Bank Aladin Syariah Sabet Predikat Action pada TrenAsia ESG Award 2023
Korporasi
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - PT Bank Aladin Syariah Tbk atau Bank Aladin Syariah memenangkan TrenAsia ESG Award 2023 pada kategori syariah bank predikat action.

Bank Aladin Syariah menjadi perusahaan turut berupaya dalam penerapan Environment, Social, dan Governance (ESG) dalam keberlanjutan bisnisnya.

Head of investor relations and corporate secretary Bank Aladin Syariah Indira Indah Prameshwari menyatakan apresiasinya terhadap ajang TrenAsia ESG Award 2023.

"Kami mengapresiasi ajang ini, sekaligus memberi perhatian bahwa penerapan ESG pada keberlanjutann bisnis harus lebih di dorong untuk keberlanjutan masa depan," katanya saat ditemui di Hotel Raffles Jakarta beberapa waktu lalu.

Dikutip dari Laporan Keberlanjutan Periode 202, Bank Aladin syariah sudah melakukan sejumlah aktivitas terkait penerapan keuangan berkelanjutan yang mengutamakan nilai lingkungan (environmental), sosial (social), dan tata kelola (governance) atau ESG.
 

Berikut ini sejumlah aktivitas penerapan keuangan berkelanjutan yang diinisiasi Bank Aladin Syariah:
 

1. Pengembangan Kapasitas Internal

a. Pelatihan tentang pembiayaan berkelanjutan dan waste management system yang diselenggarakan departemen Human Capital.

Pelatihan telah dilaksanakan pada 3 September dan 10 September 2021 dengan total durasi tiga jam dan diikuti oleh 118 karyawan.

b. Merekrut karyawan yang secara khusus bertugas sebagai koordinator pelaksana keuangan berkelanjutan di lingkungan bank.

2. Penyesuaian Internal

a. Pembuatan strategi dan komunikasi keuangan berkelanjutan yang dibantu manajemen risiko korporasi (enterprise risk management/ERM) yang merupakan konsultan independen.

b. Pembuatan daftar pengecualian untuk praktik-praktik usaha, sektor-sektor ekonomi, atau industri-industri yang memberikan dampak negatif untuk aspek lingkungan dan sosial.

c. Pembuatan prosedur-prosedur yang mengatur tata kelola perusahaan.

3. Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan

a. Partisipasi dalam keanggotaan United Nation (UN) Global Compact.

b. Pengajuan untuk menjadi anggota dalam UN Principles for Responsible Banking.

c. Partisipasi dalam Corporate Sustainability Assessment (CSA) yang diselenggarakan oleh S&P Global.

TrenAsia ESG Award 2023, telah menyaring lebih dari 115 perusahaan di 29 subsektor industri, yang dinilai dari implementasi ESG beserta variable-variabel turunannya. Proses penjurian mulai dari Juni hingga Agustus 2023, berdasarkan laporan keberlanjutan dan laporan tahunan perusahaan periode 2021 dan 2022.

Dari hasil penjurian, Dewan Juri TrenAsia ESG Award 2023 akhirnya memutuskan untuk menetapkan 58 perusahaan dan 4 CEO sebagai peraih penghargaan.