Korporasi

ESG Award: Elnusa (ELSA) Bertekad Capai Beyond Excellence

  • Corporate Secretary PT Elnusa Tbk Asmal Salam mengatakan penghargaan ini merupakan apresiasi untuk seluruh Perwira Elnusa dan akan kami jadikan sebagai dorongan serta pembangkit semangat untuk terus berupaya maksimal dalam melakukan perbaikan dan menyempurnakan bisnis yang berkelanjutan.
Korporasi
Ashari Purwo

Ashari Purwo

Author

JAKARTA— PT Elnusa Tbk (ELSA) meningkatkan komitmen menjalankan bisnis dengan prinsip environmental, social and governance (ESG) setelah menyabet penghargaan TrenAsia ESG Excellence 2022 sektor Oil and Gas dengan predikat Action.

Corporate Secretary PT Elnusa Tbk Asmal Salam mengatakan penghargaan ini merupakan apresiasi untuk seluruh Perwira Elnusa dan akan kami jadikan sebagai dorongan serta pembangkit semangat untuk terus berupaya maksimal dalam melakukan perbaikan dan menyempurnakan bisnis yang berkelanjutan.

“Bukan hanya dari sisi lingkungan namun sosial juga tata kelola perusahaan untuk mencapai tahapan ‘Beyond Excellence’ ke depan. Ini terkait penghargaan yang di peroleh Elnusa dalam Penganugerahan TrenAsia ESG Award 2022,” katanya kepada TrenAsia, Jumat, 21 Oktober 2022.

Sebelumnya, pada Rabu, 19 Oktober 2022 di The Ritz Carlton Mega Kuningan, Elnusa menyabet menyusul positifnya angka di tiap-tiap sektor environment, social, and governance (ESG). Sebagai anak usaha BUMN perminyakan meraih angka tinggi dalam setiap variabel penilaian. Elnusa menjadi bagian daftar panjang peraih penghargaan. Perseroan yang dipimpin oleh John Hisar Simamora bersaing ketat dengan perusahaan minyak lainnya.

Ketua Dewan Juri TrenAsia ESG Excellence 2022, Michael T. Tjoajadi menambahkan, di tataran global, investor kini lebih menyukai investasi yang bertanggung jawab dan lebih mendukung perusahaan yang mengedepankan ESG. Perusahaan-perusahaan ini disebut lebih tahan banting ketika ekonomi berguncang dan membuat investor lebih tenang dengan tata kelola bertanggung jawab.

Menurut Michael, komitmen TrenAsia untuk melakukan penilaian secara komprehensif dan independen dalam TrenAsia ESG Excellence 2022 ini tercermin dari prosesnya yang berjejang dan melibatkan para pakar di bidangnya.

“Awarding ESG ini merupakan ajang dengan juri paling lengkap. Michael merupakan praktisi investasi, Pak Arsjad pebisnis ulung, Pak Daniri pakar governansi,  Pak Edi pakar keuangan berkelanjutan, Ibu Maria pakar CSR dan Pak Adhit pakar komunikasi,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Tren Media Berjejaring, pemilik TrenAsia Sukirno mengatakan berbagai upaya implementasi ESG yang dilakukan oleh perusahaan di Tanah Air perlu diapresiasi lewat ajang TrenAsia ESG Excellence 2022. Harapannya, setiap korporasi makin giat dan berkomitmen terhadap implementasi praktik bisnis berkelanjutan.

TrenAsia ESG Excellence 2022 telah menyaring lebih dari 120 perusahaan di 34 subsektor industri, yang dinilai dari implementasi ESG beserta variable-variabel turunannya. Proses penjurian mulai dari 12 September hingga 12 Oktober 2022, berdasarkan laporan keberlanjutan dan laporan tahunan perusahaan periode 2021.

Tim dewan juri TrenAsia ESG Excellence 2022 terdiri dari Michael T. Tjoajadi, CEO Schroders Indonesia sebagai ketua, M. Arsjad Rasjid, Chairman Kadin Indonesia, Mas Achmad Daniri, Expert Council Komite Nasional Kebijakan Governansi (KNKG), Edi Setijawan, Director Department of Research Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Maria Rosaline Nindita Radyati, President Director Institute for Sustainability & Agility dan Adhitya Noviardi, Editor in Chief TrenAsia.com.