Komisaris Tren Media Berjejaring (TrenAsia) Andi Reza Rohadian memberikan plakat penghargaan TrenAsia ESG Excellence 2022 untuk PT Humpuss Intermoda Transportasi Tbk dengan predikat Action di Grand Ballroom The Ritz-Carlton Hotel Mega Kuningan, Jakarta, Rabu malam, 19 Oktober 2022.
Korporasi

ESG Award: Sisihkan Para Pesaing, Humpuss Intermoda (HITS) Sabet TrenAsia ESG Excellence 2022

  • PT Humpuss Intermoda Transportasi Tbk (HITS) berhasil mengalahkan para pesaingnya untuk menyabet juara dalam ajang TrenAsia ESG Excellence 2022 pada kategori logistic and delivery Action.
Korporasi
Feby Dwi Andrian

Feby Dwi Andrian

Author

JAKARTA - PT Humpuss Intermoda Transportasi Tbk (HITS) berhasil mengalahkan para pesaingnya untuk menyabet juara dalam ajang TrenAsia ESG Excellence 2022 pada kategori Logistic and Delivery Action.

Corporate Secretary HITS Okty Saptarini mengungkapkan kegembiraannya setelah mendapatkan penghargaan dari TrenAsia.

"Tadinya environmental, social, governance (ESG) itu aspek-aspek yang tidak bisa dihitung, padahal penting saat pengambilan keputusan. Saat ini bisa dihitung, kekuatan data yang diungkap secara transparan," kata Okty dalam postingan di LinkedIn pribadi, Jumat 21 Oktober 2022.

Ia juga merinci bahwa di dalam aspek environmental, banyak sekali isu-isu materialitas yang berdampak kepada kinerja keuangan. Begitupun pada social dan governance yang sama kompleksnya.

Lebih lanjut ia juga mengakui, penegakkan ESG tidak hanya pada sumber daya manusianya saja tapi juga ada keselamatan dan kesehatan kerja (K3), penegakkan implementasi tata kelola, sampah yang harus ditimbang dengan target yang harus berkurang.

"Dan itu semua risiko-risiko yang ada agar berusaha terprotect," tambah Okty.

Sementara itu, Direktur Utama PT Tren Media Berjejaring (TMB) Sukirno mengatakan, berbagai upaya implementasi ESG yang dilakukan oleh perusahaan di Tanah Air perlu diapresiasi lewat ajang TrenAsia ESG Excellence 2022. Harapannya, setiap korporasi makin giat dan berkomitmen terhadap implementasi praktik bisnis berkelanjutan.

"Tujuan dari program ini adlaah memberikan dukungan berupa penghargaan kepada perusahaan yang sudah menjalankan ESG agar program-program tersebut bisa berjalan untuk mewujudkan misi nasional mengurangi emisi karbon secara berkelanjutan," kata Sukirno.

Adapun menurut ketua dewan juri TrenAsia ESG Excellence 2022, Michael T. Tjoajadi menambahkan di tataran global, investor kini lebih menyukai investasi yang bertanggun jawab dan lebih mendukung perusahaan yang mengedepankan ESG.

"Perusahaan-perusahaan itu bisa lebih tahan banting ketika ekonomi berguncang dan membuat investor lebih tenang dengan tata kelola bertanggung jawab," imbuh Michael.