Tekno

Everest Tidak Ada Apa-Apanya Dibandingkan Gunung Ini

  • Everest adalah salah satu gunung tertinggi di planet bumi.
Tekno
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

JAKARTA-Everest adalah salah satu gunung tertinggi di planet bumi. Bahkan sebagian menanggap sebagai yang paling tinggi.   Namun gunung di Himalaya ini  tidak ada apa-apanya dengan Olympus Mons. Gunung yang sampai saat ini dinobatkan sebagai yang tertinggi di galaksi Bima Sakti.

Gunung ini berada di Mars. Gunung berapi strato raksasa ini menjulang setinggi  84.480 kaki (25 kilometer) di atas permukaan planet merah. Dia tercatat sebagai  salah satu dari selusin gunung berapi besar di Mars. 

Sebagai perbandingan, gunung berapi tertinggi di Bumi, Mauna Kea, tingginya hanya  10 kilometer.  Sebagian besar ada di bawah air dengan  hanya  4,1 kilometer yang terlihat di atas permukaan laut.

Yang lebih mengesankan lagi di puncak Olympus Mons ada sebuah kaldera (kawah) besar membentang sepanjang  80 kilometer. Sementara itu, kaki Olympus Mons memiliki lebar  549 kilometer.

Dikutip dari Howsutff.com, Olympus Mons dua kali lebih tinggi dari Gunung Everest. Sekilas tampak aneh mengingat Mars berukuran setengah diameter Bumi. Para ilmuwan berhipotesis bahwa Olympus Mons dan saudara-saudaranya yang mengerikan tumbuh begitu tinggi karena tiga faktor berbeda.

Pertama, Mars adalah planet yang jauh lebih aktif secara vulkanik daripada Bumi. Meski planet kita  memiliki periode aktivitas vulkanik yang intens sejak lama, Mars jauh lebih aktif secara vulkanik lebih lama.

Selain itu, lempeng tektonik di Mars bergerak lebih lambat daripada di Bumi. Hal ini memungkinkan gunung-gunung besar terbentuk  dan tetap ada. Sementara gunung-gunung raksasa di Bumi mungkin terdorong ke bawah lempeng tektonik lain  yang oleh ahli planet disebut sebagai proses subduksi,  atau dipengaruhi oleh aktivitas tektonik.

Terakhir, tarikan gravitasi di Mars hanya sekitar 38 persen sekuat di Bumi. Ini  karena perbedaan massa masing-masing planet. Ahli planet percaya ini memungkinkan gunung untuk "tumbuh" lebih tinggi, karena gravitasi tidak menarik magma dengan cara yang sama seperti di Bumi.

Kekuatan-kekuatan ini bersama-sama telah memungkinkan Olympus Mons terbentuk sebagai gunung terbesar di tata surya dan tetap seperti itu selama miliaran tahun dalam sejarah tata surya kita.

Gunung Tertinggi di Bumi

Jika gunung tertinggi di tata surya ada di Mars, bagaimana susunan planet tertinggi di planet kita? Kebanyakan orang tahu   unung Everest adalah gunung tertinggi di Bumi dengan ketinggian 29.029 kaki (8.848 meter). Tetapi ini  hanya menjadikannya gunung tertinggi di atas permukaan laut. 

Jika diukur dari kaki hingga puncak gunung, Mauna Kea di Hawaii dianggap sebagai gunung tertinggi di Bumi. Dia memiliki  ketinggian 33.500 kaki (10.210 meter) di atas dasar laut.

Dan jika Anda ingin benar-benar teknis, gunung tertinggi dari pusat bumi adalah Gunung Chimborazo. Stratovolcano di Ekuador ini menjulang lebih dari 6.800 kaki (2.072 meter). Lebih  tinggi dari Everest (2.329 kaki atau 710 meter lebih tinggi dari Mauna Kea). Ini karena tonjolan sentrifugal Bumi. Fakta bahwa Bumi sebenarnya sedikit lebih lebar di dekat ekuator.