<p>Pendiri media sosial Facebook Mark Zuckerberg / Facebook @zuck</p>
Tekno

Facebook, WhatsApp dan Instagram Buatan Mark Zuckerberg Down, Ini Penyebabnya

  • Di laman situs mikrobloging Twitter, kata WhatsApp, tanda pagar (hashtag) #instagramdown dan #facebookdown serta Mark Zuckerberg berbarengan merajai trending topic.
Tekno
Sukirno

Sukirno

Author

JAKARTA - Aplikasi sosial media milik konglomerat paling tajir ke-5 di dunia, Mark Zuckerberg, yakni Facebook, WhatsApp, dan Instagram, down alias tidak bisa digunakan.

Dari pantauan TrenAsia.com pada Selasa, 5 Oktober 2021, pada pukul 00.22 WIB, aplikasi besutan Zuckerberg yang memiliki kekayaan US$116,1 miliar setara Rp1.683 triliun itu masih malafungsi.

Di laman situs mikrobloging Twitter, kata WhatsApp, tanda pagar (hashtag) #instagramdown dan #facebookdown serta Mark Zuckerberg berbarengan merajai trending topic.

Para pengguna aplikasi itu tidak dapat mengirimkan pesan apapun. Tidak hanya di Indonesia, ketiga aplikasi sosial media itu juga tidak dapat digunakan di sebagian besar wilayah dunia.

Downdetector menunjukkan ada lebih dari 20.000 insiden orang yang melaporkan masalah dengan Facebook dan Instagram. DNS memungkinkan alamat web untuk membawa pengguna ke tujuan mereka. Pemadaman serupa di perusahaan cloud Akamai Technologies Inc menghapus beberapa situs web pada bulan Juli.

Sementara itu, platform pesan instan raksasa media sosial WhatsApp tidak tersedia untuk lebih dari 14.000 pengguna, sementara Messenger tidak tersedia untuk hampir 3.000 pengguna.

Downdetector hanya memantau pemadaman dengan menyusun laporan status dari berbagai sumber, termasuk kesalahan yang diajukan pengguna pada platformnya. Pemadaman dapat mempengaruhi lebih banyak orang.

WhatsApp juga menjadi trending di Twitter Inc, dengan lebih dari 850.000 tweet. Hingga saat ini, manajemen Facebook, WhatsApp, dan Instagram belum memberikan keterangan.