AAAABRorzGs0V0ubJQPXvtqozMQiHd_z_IS0qX8V4D39B4HBPJ5ESW5-JqF2GQjwCuHWNd3mULEFf5bS_xii6wOgkF0j0hQy0JECBIYkvADTvmrxeL_lH-U0HwW-wQ.jpg
Hiburan

Fakta-Fakta Menarik Film “The Deliverance” Yang Diangkat dari Kisah Nyata

  • Film ini menceritakan seorang single mother bernama Ebony yang mengurus ketiga anaknya, dan ibunya Ebony yang mengidap penyakit kanker. Ebony sudah ketiga kalinya pindah rumah, dengan memiliki harapan hidup lebih baik untuk anaknya. Namun, saat pindah ke rumah ini ternyata memiliki fenomena aneh yang mengerikan.

Hiburan

Prita Lyani Ayuninda

JAKARTA – Film bergenre horor, The Deliverance, yang  tayang di Netflix pada Jumat 30 Agustus 2024 ini  ramai diperbincangkan. Alasannya karena diambil dari kisah nyata yang dialami oleh keluarga Ammons di Amerika Serikat pada tahun 2011.  

Film ini menceritakan seorang single mother bernama Ebony yang mengurus ketiga anaknya, dan ibunya Ebony yang mengidap kanker. Ebony sudah ketiga kalinya pindah rumah, dengan memiliki harapan hidup lebih baik untuk anaknya. Namun, saat pindah ke rumah ini ternyata memiliki fenomena aneh yang mengerikan. 

Kemudian, terdapat suara aneh hingga ketiga anak Ebony mulai menunjukkan tanda-tanda kerasukan. Semenjak itu, teror  semakin menjadi-jadi dan memperburuk keadaan. 

Situasi ini membuat Ebony segera mencari bantuan hingga ke Departemen Pelayanan Anak. Hal ini supaya keadaan membaik, akan tetapi gangguan supernatural di rumah itu semakin mencekam.

Film ini terinspirasi dari kisah nyata yang dialami keluarga Latoya Ammons terkait kekuatan supernatural yang mengganggu selama dua tahun. Menariknya, kasus ini pernah diselidiki oleh Departemen Pelayanan Anak di Amerika.

Film ini di sutradarai oleh Lee Daniels, yang dikenal dengan karya-karyanya yang berani dan kerap mengangkat isu-isu sosial sensitif yang berkaitan dengan ras dan indentitas. 

Selain film The Deliverance, ia juga menggarap film terkenal seperti The Butler pada tahun 2013, yang menceritakan perjuangan warga Afrika-Amerika dalam menghadapi rasisme di Amerika Serikat.

Fakta-fakta menarik dari film tersebut, yakni:

1. Berdasarkan kisah nyata

Film ini berdasarkan kisah Ammons yang memiliki tiga anak berumur 7, 9, dan 12 tahun, ia mengklaim kejadian aneh pada rumah sewaannya, di Carolina Street, Garry, pada Desember 2011 hingga November 2012 silam. 

Ia dan ketiga anaknya diduga dirasuki oleh setan yang ada di rumah sewaannya tersebut. Hingga saat ini, hal-hal aneh masih terjadi di rumah tersebut, sebagaimana yang tertulis diakhir film tersebut.

2. Adanya keterlibatan pihak berwenang

Kemudian, Ammons melaporkan ke pihak yang berwenang dengan menceritakan hal yang terjadi di rumah semakin aneh, dan mengkhawatir terhadap anak-anaknya, yang diduga ia melayang, terhempas hingga ke seberang ruangan, dan berbicara dengan suara yang dalam dan tak normal seperti biasanya. 

Berbagai departemen seperti kepolisian, layanan anak, dan rumah sakit setempat, terlibat dalam hal ini. Menariknya, para petugas tersebut turut menyaksikan kejadian yang terjadi, seperti yang dilaporkan oleh Ammons. 

3. Syuting di lokasi yang sama dengan kisah nyata

Meskipun film ini mengambil setting di beberapa lokasi, sebagian besar adegan syuting berlangsung di Garry, Indiana, Amerika Serikat. Hal ini guna memberikan realisme dan membangun atmosfer dari kisah nyata Ammons.

Film The Deliverance dibintangi oleh artis ternama seperti:

  • Glenn Close sebagai Alberta, seorang ibu dari Ebony.
  • Andra Day sebagai Ebony, Ibu dari tiga Anak.
  • Caleb McLaughlin sebagai Nate, putra pertama Ebony.
  • Demi Singleton sebagai Shante, putri Ebony.
  • Anthony B. Jenkins sebagai Andre, putra terakhir Ebony.
  • Mo’Nique sebagai Cynthia, pekerja departemen layanan anak.
  • Colleen Camp sebagai Dokter Hoffsteder.
  • Juanita Jennings sebagai Nyonya Tucker.