Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka (Reuters/Kim Kyung-Hoon)
Nasional

Fakta Menarik Hambalang Retreat, Pembekalan Calon Menteri Kabinet Prabowo

  • Beberapa peserta pembekalan menyatakan, hal penting yang ditekankan Prabowo meliputi pemberantasan korupsi, perlindungan sumber daya alam Indonesia dari pencurian oleh negara asing, serta program prioritas untuk mencapai swasembada pangan dan energi.

Nasional

Distika Safara Setianda

JAKARTA – Presiden Terpilih Prabowo Subianto mengadakan pembekalan yang bertajuk ‘Hambalang Retreat’ untuk para calon menteri kabinetnya di Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Bogor, pada Rabu, 16 Oktober 2024 hingga Kamis, 17 Oktober 2024.

Para wajah baru dan wajah lama hadir memenuhi pembekalan tersebut, yang mana ada 59 calon Menteri yang hadir dalam acara pembekalan. Pembekalan hari pertama juga dihadiri oleh wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka.

Beberapa peserta pembekalan menyatakan, hal penting yang ditekankan Prabowo meliputi pemberantasan korupsi, perlindungan sumber daya alam Indonesia dari pencurian oleh negara asing, serta program prioritas untuk mencapai swasembada pangan dan energi.

Adapun, pada Kamis ini, Prabowo meninggalkan lokasi acara Hambalang Retreat sekitar pukul 11.30 WIB. Ia menaiki Toyota Alphard putih dengan pelat Menhan 1-00 dan dikawal beberapa mobil. Belum ada penjelasan mengenai alasan Prabowo meninggalkan lokasi pembekalan, sementara para calon wakil menteri masih berada di tempat.

Di sisi lain, muncul kabar bahwa Prabowo akan mengadakan pertemuan dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Jika kabar ini benar, pertemuan tersebut akan berlangsung bersamaan dengan ulang tahun Prabowo yang ke-73 tahun.

Fakta-Fakta Terkait Pembekalan Calon Menteri  Prabowo

Berikut rangkuman fakta terkait pembekalan calon Menteri cabinet Prabowo di Hambalang:

Diadakan Dua Hari

Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan (Kemendag) Budi Santoso mengatakan, pelatihan bagi calon menteri yang akan mengisi kabinet Prabowo Subianto berlangsung elama dua hari. Pelatihan tersebut diikuti oleh 54 peserta, termasuk calon wakil menteri yang akan mengisi kabinet Prabowo Subianto.

“Jam setengah delapan sudah kumpul yah sampai jam 19.30. Acaranya dua hari sih,” kata Budi Santoso saat tiba di Hambalang, Rabu pagi, 16 Oktober 2024.

Tertutup dan Gunakan Dress Code Putih

Sejumlah tokoh turut serta dalam pembekalan calon menteri presiden terpilih Prabowo Subianto yang berlangsung di Pondok Garuda Yaksa, Hambalang, pada Rabu, 16 Oktober 2024. Pertemuan tersebut dimulai pukul 09.00 WIB dan digelar secara tertutup.

Dalam video yang dibagikan oleh tim media Prabowo, tampak para calon menteri yang mengikuti pembekalan mengenakan pakaian berwarna putih. Prabowo dan wakil presiden terpilih, Gibran Rakabuming Raka, juga terlihat mengenakan kemeja putih.

Isi Materi Pembekalan

Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu’ti, yang turut hadir dalam acara ini menyampaikan ada beberapa materi yang disampaikan kepada para calon anggota kabinet, salah satunya mengenai pengenalan dan orientasi kabinet.

Juru Bicara Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak menyampaikan, Prabowo akan memberikan pidato terkait pemerintahan yang bersih dan antikorupsi, isu geopolitik, serta pertumbuhan ekonomi di kediaman pribadinya di Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Bogor, Jawa Barat, pada Rabu 16 ktober 2024.

Pembekalan bagi calon menteri ini bakal berlanjut hingga Kamis, 17 Oktober 2024, dengan sejumlah materi. Antara lain, artificial intelligence, komunikasi, lapangan kerja masa depan, hingga antikorupsi.

Hadirnya Budi Gunadi dan Kapolri

Beberapa tokoh yang sebelumnya tidak dipanggil ke Kertanegara juga turut hadir dalam pembekalan di Hambalang. Diantaranya mantan Kepala Badan Intelijen Negara Budi Gunawan, Kapolri Jenderal Listyo Sigit, Panglima TNI Jenderal Agus Subianto, dan Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin.

Pemateri Kelas Dunia

Investor ternama Ray Dalio, turut menjadi pemateri dalam pembekalan calon menteri kabinet Prabowo Subianto pada Rabu, 16 Oktober 2024. Dalio memberikan materinya secara daring. Ray Dalio memberikan sesi berjudul Why Nations Succeed and Fail melalui Zoom meeting dari pukul 13.30 hingga 15.30.

Informasi tersebut dibagikan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo melalui unggahan Instagramnya. Ia membagikan tangkapan layar presentasi dengan tulisan What Would I Do If I Were In Your Shoes. Di sebelah kanan, terlihat Ray Dalio mengenakan batik, serta suasana pembekalan para menteri di Hambalang.

“Hambalang Retreat,” tulis Dito dalam unggahannya terpisah.