Desa Old Sturbridge
Dunia

Fakta Menarik Massachusetts: Sejarah Awal Hingga Sumber Daya Alam

  • Orang-orang mulai tinggal di tempat yang sekarang disebut Massachusetts sekitar 12.000 tahun yang lalu, ketika gletser yang menyusut menutupi daratan.

Dunia

Distika Safara Setianda

JAKARTA - Orang-orang mulai tinggal di tempat yang sekarang disebut Massachusetts sekitar 12.000 tahun yang lalu, ketika gletser yang menyusut menutupi daratan. Beberapa artefak bahkan telah ditemukan di danau dan sungai yang tercipta dari mencairnya gletser. 

Ribuan tahun kemudian suku asli Amerika termasuk Wampanoag, Mohegan, dan Mohican tinggal di tanah tersebut. Pada tahun 1620, sebuah kapal bernama Mayflower tiba di Cape Cod membawa para pemukim yang disebut Pilgrims

Orang-orang ini melarikan diri dari penganiayaan agama di Inggris dan menciptakan pemukiman Eropa permanen pertama di New England, yang disebut Plymouth.

New England adalah sebuah wilayah di timur laut Amerika Serikat yang dihuni oleh orang-orang dari Inggris. Segera setelah para Peziarah merayakan Thanksgiving pertama dengan anggota suku Wampanoag, yang masih ada di Massachusetts hingga saat ini.

Massachusetts telah menjadi saksi banyak peristiwa bersejarah. Pada tahun 1639, kantor pos pertama Amerika dibuka di Boston. Pada tahun 1692 dan 1693, desas-desus yang tidak benar memicu pengejaran penyihir di Salem, Massachusetts. Dan pada tahun 1876, Alexander Graham Bell memamerkan telepon pertama.

Desa Old Sturbridge (kids.nationalgeographic)

Tetapi Massachusetts mungkin paling signifikan secara historis untuk peran yang dimainkan rakyatnya dalam Perang Revolusi. Kemarahan meletus pada tahun 1770 setelah lima kolonis dibunuh oleh tentara Inggris dalam apa yang dikenal sebagai Pembantaian Boston.

Tiga tahun kemudian, penjajah yang menyamar sebagai penduduk asli Amerika melemparkan kotak teh ke Pelabuhan Boston untuk memprotes pajak yang tinggi dari Inggris. Acara tersebut sekarang dikenal sebagai Boston Tea Party. Pada tahun 1775, Pertempuran Lexington dan Concord menjadi pertarungan pertama dalam Perang Revolusi.

Pergerakan pasukan Inggris mendorong perajin perak Paul Revere untuk melakukan perjalanan tengah malamnya yang terkenal untuk memperingatkan para kolonis. Lima tahun setelah perang berakhir, Massachusetts menjadi negara bagian AS keenam pada tahun 1788.

Dinamai Massachusetts

Nama Massachusetts mungkin berasal dari suku Massachusett, yang namanya dapat diterjemahkan sebagai “dekat bukit besar” atau “dekat rangkaian bukit.” Ini merujuk kepada Blue Hills, di sebelah barat daya Boston.

Julukan negara bagian ini, “Bay State,” mungkin berasal dari banyaknya teluk yang ada di sana, atau mungkin merujuk kepada Massachusetts Bay Company, yang diberikan piagam kerajaan untuk menjajah tanah tersebut.

Geografi dan Bentang Alam

Massachusetts adalah negara bagian di New England yang berbatasan dengan New Hampshire dan Vermont di utara, Samudra Atlantik di timur, Rhode Island dan Connecticut di selatan, serta New York di barat.

Apa yang terlihat seperti sebuah jajaran garis pantai besar di sebelah timur Massachusetts sebenarnya adalah tanah yang terbentuk oleh gletser yang mengungkapkan banyak teluk berbatu. 

Disebut sebagai Wilayah Pantai, area berbukit dan berawa ini mencakup Teluk Cape Cod, Pulau Martha's Vineyard, dan Kepulauan Nantucket, semuanya merupakan tempat yang bagus untuk memancing, berlayar, dan berlibur.

Pusat negara bagian ini memiliki aliran sungai dan dataran dengan perbukitan yang landai. Ke arah barat, daratan menjulang menjadi pegunungan. Ini termasuk tempat populer untuk mengamati daun gugur yang disebut Berkshires, serta titik tertinggi Massachusetts, Gunung Greylock. Di ujung barat adalah Pegunungan Taconic.

Fauna dan Flora Liar

Mamalia seperti beruang hitam, kucing liar, serigala timur, rusa moose, dan rusa ekor putih berkeliaran di Massachusetts. Elang botak, kalkun liar, burung cardinal utara, gaok biru, merpati berkabung, dan burung robin Amerika terbang di seluruh negara bagian ini. 

Sementara kura-kura snap, ular pita timur, dan kadal lima garis termasuk di antara reptil-reptil Massachusetts. Triton timur, kodok banteng Amerika, dan kodok Amerika adalah beberapa amfibi yang paling terkenal di Bay State.

Bobcat (kids.nationalgeographic)

Pohon-pohon seperti pohon maple gula, pinus putih timur, sycamore, dan elm Amerika (pohon negara bagian) tumbuh di hutan-hutan negara bagian ini. Massachusetts juga dipenuhi dengan bunga liar seperti aster New England, violet biru, hati berdarah liar, black-eyed Susan, dan daisy oxeye.

Sumber Daya Alam

Tanah subur dan pelabuhan-pelabuhannya (Negara Bagian Teluk memiliki lebih dari 1.500 mil garis pantai), menghasilkan banyak hasil pertanian dan makanan laut. Petani lokal menanam sekitar 25 persen dari seluruh cranberry di Amerika Serikat.

Fakta Menarik

1. Boston cream pie—kue berlapis cokelat dengan krim vanilla adalah makanan penutup resmi negara bagian ini. Tetapi bukan satu-satunya makanan khas terkenal Massachusetts.

2. Paul Revere, Benjamin Franklin, John Adams, John Hancock, Susan B. Anthony, dan Dr. Seuss (nama aslinya adalah Theodor Seuss Geisel) semuanya lahir di Massachusetts.

3. Anda dapat mengunjungi Plymouth Rock, batu besar yang dikatakan menjadi tempat persis di mana para Pilgrims turun dari Mayflower. Ukurannya sekarang kurang dari setengah ukuran seperti pada tahun 1600-an—para wisatawan terus-menerus memecahkan potongan-potongan.

4. Freedom Trail Boston adalah garis lukisan di seluruh kota yang membawa pecinta sejarah ke 16 situs Revolusi resmi—termasuk Rumah Paul Revere, tempat Revere tinggal pada saat perjalanan tengah malam terkenalnya.

5. Pada akhir tahun 1600-an, sekitar 20 orang meninggal karena dituduh sebagai pesulap dalam serangkaian sidang yang disebut sebagai perburuan penyihir Salem.