Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador
Dunia

Faktor Peru, Meksiko Batal Hadiri KTT APEC di San Francisco

  • Hubungan Meksiko dengan Peru mulai memburuk pada Desember 2022. Itu ketika pemerintah Peru mengusir Duta Besar Meksiko untuk Lima setelah komentar Lopez Obrador yang mengutuk penggulingan mantan Presiden Peru, Pedro Castillo, sesama politikus kiri.

Dunia

Distika Safara Setianda

JAKARTA - Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador memutuskan tidak menghadiri KTT internasional di San Francisco pada bulan November 2023. Padahal di forum itu dia seharusnya diagendakan bertemu dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden.

Lopez Obrador mengusulkan pertemuan pengganti di Washington pada bulan yang sama. Dilansir dari Reuters, Jumat 22 September 2023, Lopez Obrador mengusulkan hal itu karena dia tidak lagi berencana menghadiri KTT Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) di San Francisco. 

Hal itu karena perseteruannya dengan di Peru, yang akan menjadi tuan rumah forum APEC selanjutnya. “Saya tidak akan menghadiri acara di San Francisco karena kami tidak memiliki hubungan dengan Peru,” ujar Lopez Obrador.

Bulan lalu, Lopez Obrador baru saja menyatakan niatnya untuk hadir pada acara APEC dan akan melakukan pembicaraan dengan Biden di sana. Amerika Serikat akan menjadi tuan rumah pertemuan di San Francisco. Meksiko dan Amerika Serikat termasuk dalam 21 anggota APEC.

Hubungan Meksiko dengan Peru mulai memburuk pada Desember 2022. Itu ketika pemerintah Peru mengusir Duta Besar Meksiko untuk Lima setelah komentar Lopez Obrador yang mengutuk penggulingan mantan Presiden Peru, Pedro Castillo, sesama politikus kiri.

Jika ia tidak bertemu dengan Biden pada bulan November, Lopez Obrador mengatakan kemungkinan lain adalah bertemu pada bulan Januari selama KTT para pemimpin Amerika Utara yang akan diadakan Kanada. Belum ada pengumuman resmi mengenai jadwal KTT Amerika Utara berikutnya.

Tahun lalu Lopez Obrador menolak undangan AS ke KTT Amerika di Los Angeles karena Washington mengesampingkan pemerintah Kuba, Venezuela, dan Nikaragua. Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih, Jake Sullivan, mengatakan Meksiko mengajukan kemungkinan bahwa Lopez Obrador akan membatalkan perjalanannya ke San Francisco. “Kita harus berbicara dengan mereka,” ujarnya.

Lopez Obrador mengatakan ia akan membahas masalah migrasi, perdagangan narkoba, kekerasan, dan perdagangan dengan Biden. Presiden juga menyatakan bahwa ia telah mengundang Biden untuk datang ke Meksiko guna melihat berbagai proyek energi dan infrastruktur yang sedang dalam pembangunan, termasuk proyek kereta api Tren Maya senilai miliaran dolar di Teluk Meksiko dan selatan Meksiko.