Fans K-Pop Merapat! Berikut Deretan Idol Grup yang Bakal Debut Tahun Ini
Hiburan

Fans K-Pop Merapat! Berikut Deretan Idol Grup yang Bakal Debut Tahun Ini

  • Kesemua agensi ini terkecuali YG Entertainment akan mendebutkan idol grup baru. Sementara YG Entertainment disebut-sebut akan berfokus pada girl group yang baru debut akhir tahun lalu, BABYMONSTER.
Hiburan
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Dengan meningkatnya popularitas K-pop secara global, penggemar K-pop dengan antusias menantikan debut grup-grup baru. 

Adapun sorotan terbanyak berfokus pada grup yang didebutkan oleh empat agensi besar di industri K-Pop yang disebut "Big 4."

Big 4 terdiri dari, HYBE, SM Entertainment, JYP Entertainment, dan YG Entertainment. 

Kesemua agensi ini terkecuali YG Entertainment akan mendebutkan idol grup baru. Sementara YG Entertainment disebut-sebut akan berfokus pada girl group yang baru debut akhir tahun lalu, BABYMONSTER. 

Dikutip TrenAsia.com dari laman Koreaboo pada Senin, 8 Januari 2024, boy group baru yang akan debut dalam waktu terdekat adalah TWS dari Pledis Entertainment di bawah naungan HYBE. 

TWS akan debut pada 22 Januari nanti. TWS menjadi boy group pertama yang debut melalui Pledis setelah sembilan tahun sejak SEVENTEEN. 

Mereka membuat kesan di kalangan penggemar K-pop global dengan merilis single pra-rilis "Ohmama: 7s" dan fokus pada genre independen yang disebut "Boyhood Pop."

Grup girl global selanjutnya adalah KATSEYE dan I’LL-IT yang juga diharapkan debut tahun ini. KATSEYE khususnya menarik perhatian karena menjadi grup global pertama dari HYBE yang dibuat khusus untuk pasar global seperti Amerika Serikat.

SM Entertainment juga berencana merilis girl group dan boy group masing-masing tahun ini.

Boy group yang akan debut terlebih dahulu adalah subgrup terakhir NCT, yang debut grupnya sudah dikonfirmasi melalui program survival tahun lalu. Setelah menyelesaikan 24 tur pra-debut di sembilan kota di Jepang, mereka berencana debut resmi pada paruh pertama tahun ini, membentuk dua boy group SM baru bersama RIIZE.

Sementara, untuk girl group belum ada informasi spesifik tentang anggota, nama grup, atau tanggal debut, SM sebelumnya menyebut mereka sebagai "grup baru yang akan bergabung dengan SM 3.0 sebagai tim yang akan menunjukkan berbagai bakat dan pesona." 

JYP Entertainment akan secara resmi merilis girl group global VCHA pada 26 Januari.

Grup ini terbentuk melalui proyek peluncuran girl group global yang diadakan bersama oleh JYP dan Republic Records, anak perusahaan Universal Music di Amerika. 

Sementara itu, YG Entertainment berkomitmen untuk memperkuat posisi girl group baru mereka, BABYMONSTER, yang debut pada akhir tahun lalu. 

Baru-baru ini, produser umum YG, Yang Hyun Seok, mengumumkan niatnya untuk mempercepat promosi yang lebih agresif. 

Mereka berencana merilis lagu baru kedua mereka, "Stuck in the Middle," pada 1 Februari dan merilis mini-album pertama pada April.