Gedung Menara Bank Mandiri di kawasan Sudirman, Jakarta. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia
Industri

Fasilitasi Pembiayaan Untuk Hutama Karya, Bank Mandiri Kucurkan Rp2,45 Triliun

  • Bank Mandiri Tbk (BMRI) menyepakati fasilitas pembiayaan senilai total Rp2,45 triliun untuk PT Hutama Karya (Persero) dan mitra supplier/kontraktornya
Industri
Yosi Winosa

Yosi Winosa

Author

JAKARTA– PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) menyepakati fasilitas pembiayaan senilai total Rp2,45 triliun untuk PT Hutama Karya (Persero) dan  mitra supplier/kontraktornya yang akan digunakan untuk membiayai pengembangan bisnis BUMN karya tersebut ke depan.

SVP Corporate Banking Bank Mandiri Budi Purwanto menyatakan dari nilai pembiayaan tersebut, sebesar Rp2,2 triliun merupakan limit kredit modal kerja yang diberikan kepada Hutama Karya dengan masa pinjaman 12 bulan untuk membiayai proyek-proyek yang sedang digarap.

Adapun sisa Rp250 miliar nya merupakan limit pembiayaan bagi mitra supplier/kontraktor Hutama Karya yang menggunakan skema invoice financing sebagai underlying. Pembiayaa ini diberikan untuk mengoptimalkan pengelolaan likuiditas mitra supplier/subkontraktor agar proyek yang dikerjakan dapat sesuai jadwal.

“Inisiatif pembiayaan value chain ini diharapkan dapat membantu Supplier/Sub Kontraktor dari Hutama Karya dalam mendapatkan percepatan penerimaan pembayaran sehingga meningkatkan likuiditas keuangan dan kualitas pekerjaan proyek,” kata Budi dalam keterangan tertulis seperti dikutip Kamis, 9 Desember 2021.

Ditambahkan, pembiayaan ini merupakan bentuk konsistensi Bank Mandiri dalam mendukung sektor bisnis menengah mengingat program ini dapat membantu memberikan solusi permodalan bagi pelaku usaha yang terdampak COVID-19 agar roda perekonomian dapat terus berjalan.

“Meski limit yang disepakati adalah Rp250 miliar, kami tidak menutup kemungkinan adanya penambahan limit seiring dengan berkembangnya kerja sama antara kedua perusahaan. Kami pun siap untuk mendukung rencana-rencana bisnis strategis lain Hutama Karya maupun group usaha lain dari Hutama Karya,” tambah Budi.

Tidak berhenti di situ, Bank Mandiri juga berinisiatif mendukung pengembangan dan peningkatan kesejahteraan pegawai Hutama Karya melalui penawaran program-program payroll pegawai, seperti solusi pembiayaan pegawai dan juga penawaran program workshop untuk pengembangan pegawai yang mana kerjasama ini telah dilakukan pada bulan September 2021 lalu.