Fenomena Planet Sejajar Bisa Disaksikan di Indonesia, Ini Penjelasan dari Lapan
Tekno

Fenomena Langka 5 Planet Sejajar Malam Ini, Bisa Dilihat Dengan Mata Telanjang

  • Lima buah Planet yakni Merkurius, Venus, Mars, Jupiter dan Uranus bakal menerangi langit secara sejajar.
Tekno
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

JAKARTA - Fenomena langka bakal menghiasi langit malam ini. Lima planet yakni Merkurius, Venus, Mars, Jupiter dan Uranus bakal menerangi langit secara sejajar. Pemandangan ini dapat dilihat dengan mata telajang.

Pemandangan langit yang langka tersebut bisa dilihat jika langit malam ini dalam kondisi cerah. Menurut kontributor Sky&Telescope Rick Fienberg Senin, 27 Maret 2023, Planet tersebut bisa dilihat tepat setelah matahari terbenam hari ini.

"Tunggu sampai matahari terbenam dan kemudian keluar dan lihat ke bawah di bagian langit yang terang di mana matahari baru saja terbenam dengan teropong, dan Anda akan melihat Jupiter yang lebih terang di sebelah Merkurius yang redup," kata Fienberg sebagaimana dikutip TrenAsia.com dari NPR.

Pada fenomena ini, Anda dapat melihat keberadaan planet Venus cerah dan lebih mudah dilihat lebih tinggi di langit. Lalu ada juga Mars yang berwarna kemerahan dan terletak lebih dekat dengan bulan.

Sedangkan Uranus dan Jupiter akan berada di dekat Venus. Namun, mereka memiliki warna lebih kusam dibanding planet yang dikenal dengan sebutan bintang kejora ini. Merkurius sendiri akan berada di dekat Jupiter yang berada di bagian terbawah. 

Fenomena ini kabarnya akan berlangsung selama 20-25 menit. Karenanya, disarankan untuk segera bersiap ketika matahari akan terbenam.