<p>Karimunjawa/bromoijentraveladventure.com</p>
Transportasi dan Logistik

Feri Lintas Jepara-Karimunjawa Kini Bisa Dipesan Secara Online

  • Sejak diberlakukannya ticketing online ini, maka tidak ada lagi penjualan tiket di pelabuhan.

Transportasi dan Logistik

Bintang Surya Laksana

JEPARA - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) telah resmikan layanan pemesanan tiket online untuk kapal feri Jepara-Karimunjawa. Peresmian tersebut dilakukan pada 13 September 2023 di Pelabuhan Jepara dan 14 September 2023 di Pelabuhan Karimunjawa. Pemesanan tiket online tersebut dapat dilakukan melalui situs trip.ferizy.com.

Dalam keterangan resmi di Jakarta pada 14 September 2023, Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Shelvy Arifin mengatakan implementasi digitalisasi pada pelayanan di pelabuhan Jepara dan Karimunjawa tidak lepas dari tren pengguna jasa di jalur wisata lintas Jepara – Karimunjawa menunjukkan permintaan yang cukup tinggi terutama di musim liburan.

“Secara bertahap program ini akan diperluas dan diimplementasikan secara nasional. Salah satu hal yang mendorong penerapan ini kami lihat antusiasme masyarakat yang sangat tinggi melakukan perjalanan wisata dengan kapal feri saat peak season sehingga terjadi antrean. Atas kondisi ini, penerapan online ticketing dilakukan yang diharapkan dapat membuat perjalanan dengan kapal feri menjadi lebih nyaman, aman, dan berkesan,” ujar Shelvy.

ASDP sendiri mencatat, pada 2022 lalu total penumpang yang menyeberang melalui lintas Jepara – Karimunjawa (PP) mencapai 54.725 orang dan total kendaraan yang menyeberang sebanyak 10.371 unit kendaraan dengan kendaraan roda 2 sebanyak 6.953 unit dan kendaraan roda 4 sebanyak 3.418 unit.

Sejak Januari hingga Agustus 2023, total penumpang yang menyeberang melalui lintas Jepara – Karimunjawa (PP) sebanyak 43.236 orang dan total kendaraan sebanyak 8.114 unit dengan kendaraan roda 2 sebanyak 5.983 unit dan kendaraan roda 4 sebanyak 2.131 unit.

Digitalisasi pelayanan di kedua pelabuhan tersebut disampaikan Shelvy sebenarnya sudah dicanangkan sejak 2018 dan mulai diimplementasikan pada 2020. 

Melalui reservasi online yang baru diresmikan ini, calon penumpang kini dapat membeli tiket sejak H-60 keberangkatan. Tujuannya agar calon penumpang kapal dapat merencanakan perjalanannya dengan lebih matang, sehingga menghindari kemungkinan tidak tersedianya tiket sesuai jadwal yang diharapkan

Jadwal keberangkatan KMP Siginjai dari Pelabuhan Jepara adalah pada hari Senin, Rabu, dan Sabtu jam 07.00 WIB, serta hari Jumat jam 06.30 WIB. Sementara itu, keberangkatan dari Pelabuhan Karimunjawa terjadi pada hari Selasa dan Kamis pukul 07.00 WIB, Jumat pukul 13.30 WIB, dan Minggu pukul 09.00 WIB. 

Kapal KMP Siginjai dapat mengakomodasi hingga 202 penumpang, termasuk pejalan kaki dan kendaraan. Untuk kendaraan, kapal ini memiliki kapasitas untuk mengangkut 25 unit sepeda motor dan 12 unit mobil.

“Perlu diperhatikan bahwa sejak diberlakukannya ticketing online ini, maka tidak ada lagi penjualan tiket di pelabuhan dan semua pengguna jasa wajib memiliki tiket minimal H-1 keberangkatan,” tukas Shelvy.