<p>Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Pulau Penyelesaian Pengembangan Proyek Bandara Zainuddin Abdul Madjid dipercepat sebagai sarana pendukung dalam mensukseskan Program 5 Destinasi Pariwisata Prioritas
/ Dok. Kemenparekraf</p>
Destinasi & Kuliner

Festival Mandalika Seru Batal, ITDC Buka Suara

  • PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau ITDC memutuskan untuk membatalkan Festival Mandalika Seru yang awalnya direncanakan dihelat menyambut tahun baru pada 31 Desember 2023 di Pantai Kuta Mandalika.
Destinasi &amp; Kuliner
Alvin Pasza Bagaskara

Alvin Pasza Bagaskara

Author

JAKARTA – Entitas usaha InJourney PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau ITDC memutuskan untuk membatalkan Festival Mandalika Seru yang awalnya direncanakan dihelat menyambut tahun baru pada 31 Desember 2023 di Pantai Kuta Mandalika. 

General Manager The Mandalika Molin Duwanno mengatakan pembatalan acara memeriahkan malam tahun baru 2024 yang rencananya dihadiri oleh Band Geisha ini dilakukan untuk memastikan kelangsungan kondusivitas dan keamanan.

‘’Kami menyadari kekecewaan yang bisa jadi timbul, khususnya fans Geisha akibat pembatalan ini,’’ujar Molin melalui siaran pers yang diterima TrenAsia, pada Kamis, 28 Desember 2023.

Molin membeberkan keputusan ITDC membatalkan gelaran Festival Mandalika Seru itu atas rekomendasi kepolisian. "Ini juga upaya kami meletakkan prioritas memberikan rasa aman dan kenyamanan bagi wisatawan, pengunjung, dan masyarakat yang berada di kawasan The Mandalika,” ujar Molin.

Tadinya, untuk menyambut Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023-2024 di kawasan The Mandalika, berbagai acara telah dijadwalkan. Salah satunya adalah "Journey to Wonderland" di Pullman Mandalika Lombok, dan Festival Mandalika Seru yang akan meriahkan malam pergantian tahun di Pantai Kuta Mandalika. 

Festival ini menawarkan beragam hiburan, seni, dan kuliner dengan panggung gemerlap yang dimeriahkan oleh Geisha, Brown Lovis, dan After Shock. Meskipun Festival Mandalika Seru dibatalkan pihaknya menegaskan kepada para penggemar agar tidak khawatir. 

Sebagai alternatif dari acara malam tahun baru di The Mandalika, para wisatawan dan pengunjung dapat beralih ke kawasan The Nusa Dua. Molin mengatakan berbagai acara menarik akan diselenggarakan di dalam kawasan ini untuk menyambut malam pergantian tahun. 

Acara tersebut antara lain New Year’s Eve Beach Party di Melia Bali, Beachside Countdown Party di Merusaka Nusa Dua, Countdown Back to the 50’s, with Extravagant Buffet and New Year’s Eve Bash di Courtyard by Marriott Bali Nusa Dua Resort, serta New Year’s Eve Festival dengan pertunjukan live band dan dekorasi tema hutan yang menarik.

Di sisi lain, para penggemar Geisha masih bisa menikmati penampilan band favorit mereka dalam ajang otomotif MotoGP yang akan diselenggarakan di area Pertamina Mandalika International Circuit pada tahun 2024 mendatang.

Lantas untuk menjaga keamanan selama libur Nataru di kawasan The Mandalika, lima pos pengamanan telah disiapkan di berbagai titik, termasuk Pos Kuta Beach Park, Pos Bazaar Mandalika, Pos Pertamina Mandalika International Circuit, Pos Merese, dan Pos Batu Kotak.

Pos pengamanan ini beroperasi mulai tanggal 24 hingga 30 Desember 2023 dengan waktu pelayanan selama 12 jam, serta pada tanggal 31 Desember 2023 hingga 1 Januari 2024 dengan waktu pelayanan selama 24 jam.