(Ki-ka) Direktur Eksekutif Satya Bumi Andi Muttaqien, Jurnalis Jaring.id Abdul Somad, Peneliti Kehutanan Universitas Sumatera Utara Onrizal, Manager Kampanye Hutan WALHI Uli Arta, Komisi IV DPR Daniel Johan, Executive VP Konstruksi Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi PLN Weddy Bernadi Sudirman, Moderator.
Nasional

FGD World Wild Life Day: PLTA Batang Toru Wujudkan Pembangunan Ramah Lingkungan dan Perlindungan Satwa

  • Pembangunan PLTA Batang Toru di Tapanuli Utara membuktikan bahwa pengembangan pembangkitan listrik ramah lingkungan mampu menjaga kelestarian satwa dan ekosistem alam.
Nasional
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA — Pembangunan PLTA Batang Toru di Tapanuli Utara membuktikan bahwa pengembangan pembangkitan listrik ramah lingkungan mampu menjaga kelestarian satwa dan ekosistem alam.

Anggota komisi IV DPR RI, Daniel Jonan mengatakan pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Batang Toru menjadi bukti bahwa kebutuhan listrik mampu dipenuhi dengan memperhatikan situasi alam, termasuk Orang Utan. Pembangunan PLTA Batang Toru bisa menjadi percontohan dari suksesnya pembangunan infrastruktur negara tanpa mengesampingkan kelestarian ekosistem wilayah.

“Pembangunan PLTA Batang Toru ini menjadi contoh bahwa masyarakat tetap membutuhkan pasokan listrik yang andal, tetapi proyek ini membuktikan bahwa bisa tetap menjaga konservasi termasuk seluruh isinya ada di dalam," ujar Daniel ketika ditemui dalam acara FGD World Wild Life Day yang diselenggarakan oleh Yayasan Satya Bumi Lestari dengan tema Perlindungan ekosistem Batang Toru dan Konservasi Orang Utan Tapanuli, Kamis, 9 Maret 2023.

Dia juga mendorong PLN dalam pembangunan proyek PLTA untuk tetap pada peta jalan yang memperhatikan ekosistem yang ada di dalamnya khususnya Orang Utan. “DPR akan senantiasa mendukung rencana maupun program yang dilakukan pemerintah dan PLN sejauh memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat, lingkungan serta sosial.”

Daniel mengatakan akan terus mengawal progres pembangunan agar tetap sejalan dengan pelestarian lingkungan. “Kami kawal agar arah pengembangan sesuai dengan peta jalan.”

Sejauh ini, Indonesia berperan untuk melindungi bumi dari sektor energi dengan menggalakkan penggunaan energi terbarukan (renewable energy). Peran tersebut dapat dilakukan dengan membangun pembangkit listrik tenaga air (PLTA) yang memanfaatkan aliran sungai (run-off-river). Salah satunya adalah PLTA Batang Toru.

Penggunaan energi terbarukan yang bersih dan ramah lingkungan seperti PLTA memiliki peran menurunkan kadar emisi karbon sekaligus meningkatkan kualitas kelestarian lingkungan guna memitigasi dampak perubahan iklim.