<p>Karyawan beraktivitas di salah satu kantor cabang PT Federal International Finance Group (FIFGROUP) di Jakarta, Selasa, 2 Maret 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
IKNB

FIF Group Catat Laba Bersih Rp4,1 Triliun pada Tahun 2023, Melesat 29,4 Persen

  • FIF berhasil mencatatkan laba bersih sebesar Rp 4,1 triliun selama tahun 2023, yang menunjukkan pertumbuhan sebesar 29,4% dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang mencapai Rp3,2 triliun.
IKNB
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA - PT Federal International Finance (FIF Group) baru-baru ini mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) untuk tahun buku 2023 yang diselenggarakan pada akhir pekan lalu. 

Agenda RUPST tersebut adalah Persetujuan Laporan Tahunan untuk Tahun Buku 2023, Pengesahan Laporan Tugas Pengawasan Dewan Komisaris, Pengesahan Laporan Keuangan Perseroan untuk Tahun Buku 2023 dan Pengangkatan Direksi, Dewan Komisaris dan Dewan Pengawas Syariah Perseroan.

Salah satu poin utama yang disampaikan adalah pencapaian kinerja keuangan selama tahun tersebut.

FIF berhasil mencatatkan laba bersih sebesar Rp 4,1 triliun selama tahun 2023, yang menunjukkan pertumbuhan sebesar 29,4% dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang mencapai Rp3,2 triliun. Pencapaian ini menandakan pertumbuhan yang positif dan konsisten dalam kinerja keuangan perusahaan.

Selain itu, FIF juga mengumumkan bahwa penyaluran pembiayaan mereka selama tahun 2023 mencapai Rp42,3 triliun, meningkat 20,7% dari tahun 2022 yang sebesar Rp 35,1 triliun. 

Tingkat kualitas aset FIF juga terjaga dengan baik, dengan Non-Performing Finance (NPF) perusahaan pada tahun 2023 hanya sebesar 0,98%. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah menetapkan bahwa tingkat NPF tersebut menempatkan FIF sebagai perusahaan pembiayaan yang sangat sehat.

Selain memaparkan kinerja keuangan, RUPST ini juga menandai perubahan dalam struktur kepemimpinan FIF. 

Baca Juga: KoinWorks Group Capai Laba Bersih untuk 2 Lini Bisnis

Thomas Junaidi Alim Wijaya telah ditunjuk sebagai Komisaris menggantikan Johannes Loman. Selain itu, posisi Presiden Direktur yang semula dipegang oleh Margono Tanuwijaya kini diisi oleh Siswadi.

Perubahan tersebut dikarenakan masa jabatan Margono Tanuwijaya yang telah berakhir dan ia memilih untuk memasuki masa purna bakti. Siswadi, yang sebelumnya memiliki pengalaman sebagai Presiden Direktur PT Astra Sedaya Finance dan Chief Executive Officer Astra Credit Companies, kini mengambil alih posisi tersebut.

Susunan dewan komisaris dan direksi FIF saat ini adalah sebagai berikut: 

Dewan Komisaris

  • Presiden Komisaris: Suparno Djasmin
  • Komisaris: Thomas Junaidi Alim Wijaya
  • Komisaris Independen: R. Nunu Soetjahja Noegroho
  • Komisaris Independen: Gede Harja Wasistha

Direksi

Melalui keterangannya, Perseroan menegaskan komitmennya untuk terus mewujudkan misi bertajuk “Membawa Kehidupan yang Lebih Baik untuk Masyarakat”. 

Komitmen ini diimplementasikan melalui berbagai program keberlanjutan yang berfokus pada penerapan Environment, Social and Governance (ESG) yang tertuang di dalam FIFGROUP 2030 Sustainability Aspirations.