<p>Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri bersiap mengikuti rapat kerja dengan Komisi III DPR, di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, 3 Juni 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Nasional

Firli Akhirnya Penuhi Panggilan Dewas KPK

  • Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri memenuhi panggilan Dewan Pengawas (Dewas) KPK, Senin 20 November 2023. Firli diminta melakukan klarifikasi terkait pertemuannya dengan mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).
Nasional
Khafidz Abdulah Budianto

Khafidz Abdulah Budianto

Author

JAKARTA - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri memenuhi panggilan Dewan Pengawas (Dewas) KPK, Senin 20 November 2023. Firli diminta melakukan klarifikasi terkait pertemuannya dengan mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL). 

“Saya akan memenuhi panggilan klarifikasi dari Dewas,” kata Firli. Dirinya hadir dalam panggilan tersebut sejak pukul 10.00 WIB. Meski demikian, Firli enggan mengungkapkan terkait materi yang disampaikannya dalam pemeriksaan oleh Dewas. Menurutnya, hal yang disampaikan ke Dewas merupakan suatu yang tertutup.

“Sesuai dengan peraturan Dewas, bahwa apa yang disampaikan di Dewas adalah bersifat tertutup,” jelasnya. Firli menegaskan bahwa Dewas yang berhak menyampaikan informasi terkait hal tersebut kepada publik. Dirinya menyatakan informasi itu akan disampaikan jika sudah waktunya. 

Firli diperiksa Dewas di ruang pemeriksaan gedung ACLC KPK. Kedatangan Firli juga telah dikonfirmas anggota Dewas KPK Albertina Ho. Anggota Dewas itu menyatakan jika Firli akan hadir berdasarkan informasi yang diterimanya dari Kepala Sekretariat Dewas. 

Sebelumnya, Firli Bahuri absen dalam panggilan yang dilayangkan Dewas pada Senin 13 November 2023. Dalam pemeriksaan tersebut, Firli tidak hadir dan meminta dijadwalkan ulang pada Selasa 14 November 2023.

Penjadwalan ulang dilakukan karena Firli terdapat agenda lain yang telah dijadwalkan sebelumnya. Namun permintaan penjadwalan ulang pada Hari Selasa pekan lalu itu tidak mendapatkan respons sebelum akhirnya pemeriksaan digear pekan ini. 

Firli Bahuri dilaporkan kepada Dewas KPK terkait dengan fotonya bersama SYL di lapangan bulu tangkis yang ramai diperbincangkan. Terkait pertemuan itu, Firli mengatakan bahwa SYL yang datang sendiri. 

“Itu bukan pertemuan, dia datang sendiri,” tegasnya. Ia juga menyebut bahwa pertemuannya itu berlangsung sebelum SYL tersandung dengan kasusnya di KPK. “Terjadi sebelum periode tersebut (penyelidikan kasus SYL), tepatnya yaitu sekitar pada tanggal 2 Maret 2022 dan itu pun beramai-ramai di tempat terbuka,” kata Firli. 

Ia mengatakan saat itu SYL belum berstatus sebagai apapun mulai tersangka hingga terdakwa. Kasus SYL sendiri masuk penyelidikan oleh KPK pada Januari 2023.