<p>Menteri Keuangan, Sri Mulyani saat hadir dalam rapat kerja dengan Komisi XI di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 15 Maret 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Industri

Fitch Ratings Pertahankan Peringkat Utang Indonesia dengan Outlook Stabil

  • JAKARTA – Lembaga pemeringkat Fitch mempertahankan Sovereign Credit Rating atau peringkat utang Indonesia BBB (investment grade) dengan outlook stabil per 19 Maret 2021. Melansir publikasi resmi, peringkat ini didasari pada prospek pertumbuhan ekonomi jangka menengah yang baik dan beban utang pemerintah yang rendah, meskipun meningkat.  Akan tetapi, Fitch menekankan bahwa tantangan Indonesia adalah lepas dari […]

Industri
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – Lembaga pemeringkat Fitch mempertahankan Sovereign Credit Rating atau peringkat utang Indonesia BBB (investment grade) dengan outlook stabil per 19 Maret 2021.

Melansir publikasi resmi, peringkat ini didasari pada prospek pertumbuhan ekonomi jangka menengah yang baik dan beban utang pemerintah yang rendah, meskipun meningkat. 

Akan tetapi, Fitch menekankan bahwa tantangan Indonesia adalah lepas dari ketergantungan terhadap sumber pembiayaan eksternal yang masih tinggi.

Tak hanya itu, Fitch juga menyoroti penerimaan pemerintah yang rendah tata kelola dan produk domestik bruto (PDB) per kapita yang masih tertinggal dibandingkan negara lain dengan peringkat yang sama.

Dalam asesmennya, Fitch memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia akan pulih bertahap mencapai 5,3% pada 2021 dan 6% pada 2022.

Pemulihan ekonomi tersebut didorong oleh stimulus pemerintah dan ekspor serta dukungan oleh pembangunan infrastruktur.

Namun, pemulihan akan bergantung pada penanganan penyebaran COVID-19 khususnya melalui percepatan vaksinasi.

Dalam jangka menengah, Fitch memproyeksikan pertumbuhan ekonomi akan didorong oleh implementasi Undang-Undang Cipta Kerja dan Lembaga Pengelola Investasi.

Fitch memperkirakan defisit fiskal akan sedikit menurun menjadi 5,6% pada 2021 dari 6,1% pada 2020. Dari sisi penerimaan, Fitch memperkirakan rasio penerimaan pemerintah akan membaik secara gradual menjadi 12,3% dan 12,8% dari PDB untuk 2021 dan 2022.

Fitch menyebutkan bahwa dampak pandemi terhadap posisi fiskal Indonesia tidak separah negara setara.

Sebelumnya, Fitch mempertahankan Sovereign Credit Rating Indonesia pada BBB dengan outlook Stabil (Investment Grade) pada 10 Agustus 2020.