Josh Freese.
Gaya Hidup

Foo Fighters Angkat Eks Drumer GNR Josh Freese jadi Anggota Baru

  • Freese bakal menjalani debutnya dalam pembukaan tur global di New Hampshire, Amerika Serikat (AS), Rabu 24 Mei 2023.
Gaya Hidup
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

JAKARTA—Foo Fighters mengumumkan Josh Freese sebagai drummer baru mereka menggantikan Taylor Hawkins. Freese bakal menjalani debutnya dalam pembukaan tur global di New Hampshire, Amerika Serikat (AS), Rabu 24 Mei 2023. 

Ini kali pertama Foo Fighters tampi di panggung sejak dua konser mengenang Hawkins pada September 2022. Diketahui, Hawkins meninggal dunia pada Maret 2022 lalu, diduga karena overdosis. Band rock asal Seattle, AS, itu mengumumkan bergabungnya Josh Freese dalam siaran langsung pada Minggu 21 Mei 2023. 

Awalnya, fans sempat dibingungkan ketika Foo Fighters menampilkan deretan drumer top seperti Chad Smith (Red Hot Chili Peppers), Tommy Lee (Motley Crue), dan Danny Carey (Tool) untuk menggantikan Hawkins. Namun hal itu ternyata hanya candaan.  

Kenyang Pengalaman

Josh Freese sendiri merupakan kawan lama frontman Foo Fighters, Dave Grohl. Drumer 50 tahun itu telah kenyang pengalaman di skena musik dunia. Dia sempat bergabung dengan sejumlah band dan musisi seperti Sting, Guns N’ Roses (GNR), Nine Inch Nails, The Offspring hingga The Vandals. 

Sebelumnya Foo Fighters telah menyatakan bakal lanjut berkarya setelah Taylor Hawkins meninggal dunia tahun lalu. Hingga kini penyebab kematian drummer yang meninggal di usia 50 tahun itu tak diumumkan. 

Namun ada laporan yang menyebutkan ada zat dari opioid, mariyuana dan antidepresan di tubuhnya.  “Tanpa Taylor, kami tidak akan pernah menjadi band seperti dulu. Dan tanpa Taylor, kami tahu kami akan menjadi band yang berbeda di masa mendatang,” ujar Foo Fighters pada akhir 2022.