<p>PT Bank DBS Indonesia berkolaborasi dengan Mandiri Manajemen Investasi memperkenalkan Mandiri Global Sharia Equity Dollar, instrumen investasi alternatif berupa produk reksadana. / Facebook Bank DBS</p>
Industri

Forbes dan Statista Tunjuk DBS Indonesia Sebagai Bank Terbaik di Tanah Air

  • PT Bank DBS Indonesia mendapat penghargaan sebagai bank terbaik di Tanah Air versi majalah Forbes. Bank DBS Indonesia dinobatkan sebagai pemenang peringkat pertama dari 20 bank terkemuka di Indonesia.

Industri
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – PT Bank DBS Indonesia mendapat penghargaan sebagai bank terbaik di Tanah Air versi majalah Forbes. Bank ini dinobatkan sebagai peringkat pertama dari 20 bank terkemuka di Indonesia.

Forbes bekerja sama dengan perusahaan riset pemasaran Statista untuk memberikan penghargaan kepada 500 institusi perbankan di dunia melalui survei kepada 43.000 nasabah di 28 negara terkait bank yang digunakan responden.

Kriteria penilaian dari penghargaan ini dibagi menjadi tiga, yakni rekomendasi, tingkat kepuasaan dan lima kriteria lain termasuk kepercayaan, syarat dan ketentuan, pelayanan konsumen, layanan digital, dan nasihat keuangan.

Menariknya, Forbes dan Statista menemukan fakta bahwa kepercayaan dan layanan digital menjadi dua alasan terbesar masyarakat Indonesia dalam memilih bank terbaik pilihan mereka. Penghargaan ini diperoleh berdasarkan testimoni para nasabah yang sudah merasakan layanan dan produk Bank DBS Indonesia.

Para nasabah diajak menjalani pengalaman new way of banking tanpa disulitkan dengan urusan perbankan atau yang Bank DBS Indonesia sebut dengan Live more, Bank less. Inilah yang menjadikan Bank DBS Indonesia berhasil meraih peringkat pertama World’s Best Banks di Indonesia.

Hal tersebut juga didukung oleh pernyataan Banking Analyst Statista, Sukyung Kim. Ia mengatakan bahwa Bank DBS Indonesia berhasil meningkatkan skornya pada hampir setiap dimensi penilaian, yang mencakup kepuasan secara umum dan rekomendasi dibandingkan dengan tahun lalu.

“Hal ini yang membuat Bank DBS Indonesia menduduki posisi teratas pada World’s Best Banks tahun ini di Indonesia,” ujarnya melalui keterangan resmi yang diterima TrenAsia.com, Minggu 16 Mei 2021.

Sebelumnya, Bank DBS Indonesia sempat dinobatkan sebagai The World’s Best Banks 2020 di peringkat kedua oleh Forbes. Transformasi digital Bank DBS Indonesia telah dimulai sejak 2017 sejak meluncurkan layanan perbankan digital digibank by DBS sebagai full-fledged digital banking.

Dengan begitu, para nasabah memungkinkan untuk melakukan berbagai transaksi perbankan mulai dari membuka rekening, menabung, deposito, transfer valas, hingga investasi obligasi baik di Pasar Perdana maupun Pasar Sekunder hanya melalui genggaman tanpa harus ke cabang, tanpa perlu mengisi dokumen fisik, dan tanpa memerlukan tanda tangan basah.

Tidak hanya itu, untuk nasabah korporasi Bank DBS Indonesia menyediakan layanan DBS IDEAL RAPID yang mengintegrasikan pemrosesan secara real time pembayaran, piutang, dan pencarian informasi tentang alur kerja bisnis nasabah, serta memfasilitasi transaksi bisnis di jaringan atau ekosistem mereka.

Presiden Direktur Bank DBS Indonesia Paulus Sutisna mengatakan bahwa pencapaian ini merupakan pengakuan atas hasil kerja keras dari tim Bank DBS Indonesia yang senantiasa menciptakan inovasi dan menyediakan solusi serta pengalaman perbankan terbaik yang dapat diandalkan nasabah.

“Kami percaya bahwa ada peluang yang dapat diambil dari kondisi saat ini, terutama untuk mengakselerasi layanan digital Bank DBS Indonesia sehingga nasabah dapat semakin dimudahkan dalam melakukan transaksi perbankan untuk mewujudkan komitmen kami sebagai bank terpercaya pilihan nasabah dan menjadi pemimpin inovasi digital,” tuturnya.

Komitmen transformasi digital Bank DBS Indonesia juga diimplementasikan dalam internal perusahaan dengan menerapkan rangkaian prakarsa perubahan dalam rangka mewujudkan kaidah bekerja baru di masa depan.

Contohnya seperti pola kerja hybrid, pengaturan jam kerja fleksibel, memberikan karyawan pelatihan pada bidang-bidang yang kini sedang bertumbuh seperti design thinking, artificial intelligence, machine learning, dan prinsip-prinsip agile, serta bekerja berdasarkan data-driven.

Secara terpisah, Bank DBS Indonesia juga meraih penghargaan internasional lain dengan dinobatkan sebagai Indonesia’s Best Trade Finance Provider Award 2021 oleh Global Finance dan Best Risk Management Project (Risk Culture Project) pada Digital Awards 2021 oleh The Asset Triple A Awards.