Kendaraan mengantre saat penutupan Jalan Tol Dalam Kota yang mengarah ke Tol Cikampek di Jakarta, Sabtu, 7 Mei 2022. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia
Nasional

Formula 3 Makanan Ini Bisa Cegah Kantuk saat Berkendara di Jalan Tol

  • Ada beberapa makanan yang bisa dicoba untuk menghindari rasa kantuk saat berkendara terutama di jalan tol.
Nasional
Liza Zahara

Liza Zahara

Author

JAKARTA - Ada beberapa makanan yang ternyatabisa dicoba untuk menghindari rasa kantuk saat berkendara terutama di jalan tol.

Makanan yang dapat menghindari kantuk memberikan manfaat yang bagi tubuh. Sehingga mampu membantu tubuh untuk tetap fokus selama di perjalanan.

Makanan yang dapat mencegah kantuk ini dapat ditemui dengan mudah sehingga bisa dipersiapkan selama di perjalanan. Dilansir dari PT Jasamarga Trans Jawa Tol, berikut tiga makanan yang dapat mencegah kantuk selama berkendara.

Jeruk

Buah jeruk menjadi salah satu makanan yang sangat mudah ditemui dan bisa dikonsumsi sehari-hari. Rasanya yang manis sangat pas dengan vitamin yang terkandung di dalamnya untuk kesehatan tubuh.

Ternyata, jeruk menjadi makanan yang dapat membantu mencegah kantuk karena dapat membangkitkan energi.

Selain itu dapat mempertajam fokus dan kewaspadaan seseorang yang sangat penting saat berkendara.

Coklat Hitam

Coklat Hitam dengan teksturnya yang lembut dan sehat menjadi salah satu makanan yang gemar disukai banyak orang.

Ternyata, coklat Hitam bisa dimanfaatkan untuk membantu mengusir rasa kantuk saat berkendara. Hal itu dikarenakan kandungan vitamin A, B, E, K, kandungan kafein, dan throbromine di dalam coklat.

Kandungan tersebut bermanfaat untuk meningkatkan kadar endhorphin yang menghasilkan energi agar tubuh tidak mudah lelah dan mengantuk.

Kacang

Kacang kulit yang biasanya disantap menemani waktu nonton bola ternyata dapat membantu mencegah kantuk saat berkendara selama perjalanan.

Kandungan yang dimiliki kacang seperti vitamin B, protein, serta karbohidrat kompleks membuat tubuh tidak mudah lemas yang memberikan energi baru yang dibutuhkan pengemudi saat menyetir.