Bekerja dari Rumah
Gaya Hidup

Freelancer Merapat! Inilah 5 Cara Agar Pekerja Lepas Tetap Relevan di Industri Teknologi

  • Inilah beberapa cara agar Anda yang seorang freelancer atau pekerja lepas tetap relevan di industri teknologi yang dengan cepat berubah.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Menjaga agar tetap relevan di dunia teknologi yang terus berkembang bisa menjadi tantangan tersendiri, terutama di masa sekarang. Adanya inovasi terbaru dalam pengembangan perangkat lunak, keamanan dunia maya, dan kecerdasan buatan membuat masa depan tampak menjanjikan sekaligus mengancam pekerjaan.

Oleh karena itu, pekerja lepas dan sejenisnya harus berada jauh di depan untuk mengikuti perubahan dalam industri teknologi.

5 Cara Agar Pekerja Lepas Tetap Relevan di Industri Teknologi

5 Cara Agar Pekerja Lepas Tetap Relevan di Industri Teknologi

1. Tingkatkan keterampilan dan pengetahuan teknis

‘Learning never ends’ adalah prinsip yang harus dipegang teguh oleh sebagian besar pekerja di bidang teknologi. Apalagi sebagai pekerja lepas, itu artinya Anda harus meningkatkan kemampuan teknis secara teratur seiring kemajuan karier Anda.

Hal ini mungkin membuat Anda memerlukan pembelajaran bahasa pemrograman yang baru, alat, perangkat lunak, atau desain baru sekaligus membiasakan diri dengan pembaruan dan menerapkannya untuk meningkatkan pendapatan Anda.

2. Ikuti tren

Anda tidak dapat hidup di bawah batu dan berharap untuk terus relevan di dunia yang selalu berubah saat ini. Anda mungkin juga harus mengikuti tren terbaru untuk beberapa alasan tertentu salah satunya untuk meningkatkan karier. Anda bisa mengikuti tren terbaru dengan melihat beberapa tren di Twitter, LinkedIn, dan Podcast.

3. Perluas networking 

Networking atau jaringan akan membantu Anda dalam pengembangan hubungan yang bermanfaat, yang pada gilirannya memberi Anda akses ke peluang baru. Peluang ini mungkin tidak selalu terkait dengan pekerjaan, tapi mereka bisa saja memberikan arahan atau bimbingan dari pakar industri yang dapat membuat Anda tetap relevan di bidang Anda.

4. Pelajari teknologi dan platform terbaru

Teknologi itu bersifat dinamis, itu artinya pekerja lepas harus menyesuaikan energi dengan selalu siap menguasai teknologi dan platform yang muncul agar terus unggul. Contohnya, saat tools AI seperti ChatGPT hadir, daripada harus bersaingan dengannya, lebih masuk akal untuk memanfaatkan semua layanan yang ditawarkannya. 

5. Diversifikasi keahlian Anda

Meski disarankan untuk spesialisasi dalam satu bidang, Anda dapat mendiversifikasi keterampilan Anda yang memungkinkan Anda untuk menawarkan berbagai layanan kepada klien. Pada gilirannya, hal ini akan membuat Anda menjadi selalu relevan dalam industri teknologi karena Anda akan mahir dalam berbagai teknologi.

Itu tadi beberapa cara agar Anda yang seorang freelancer atau pekerja lepas tetap relevan di industri teknologi yang dengan cepat berubah.