<p>Inilah furnitur dalam rumah yang dapat digunakan untuk membuat ruangan jadi kedap suara/Freepik.com</p>
Gaya Hidup

Furnitur dalam Rumah yang Dapat Membuat Ruangan Jadi Kedap Suara

  • Inilah furnitur dalam rumah yang dapat digunakan untuk membuat ruangan jadi kedap suara

Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA – Jika Anda tinggal di apartemen atau rumah yang bising, Anda mungkin akan mendengar banyak suara dari tetangga yang datang melalui dinding dan langit-langit. Atau mungkin mereka mendengar banyak suara dari rumah Anda.

Jika benda-benda peredam suara yang Anda gunakan selama ini tersebut justru tidak menyelesaikan masalah kebisingan, Anda bisa menggunakan beberapa perabot yang ada di rumah seperti berikut ini.

  1. Karpet Tebal
    Suara memantul dari permukaan yang keras dapat diserap oleh permukaan yang lembut, jadi hal pertama yang harus dilakukan adalah berinvestasi di karpet tebal (atau permadani) dan pastikan memiliki underpad berkualitas baik di bawahnya.

    Karpet akan menyerap sedikit suara, tetapi juga membantu karena akan mencegah furnitur membuat kebisingan saat dipindahkan (misalnya saat Anda duduk di kursi dan sedikit bergeser).
  1. Tirai yang Tebal
    Anda bisa menggunakan tirai yang tebal atau gorden yang terbuat dari bahan kain yang berat seperti beludru. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk memilih gorden yang berlipit karena gorden lipit dapat menggandakan dan bisa mengurangi kebisingan tiga kali lipa jika dibandingkan dengan gorden datar.
  2. Gunakan Perabot yang Lembut
    Anda bisa mempertimbangkan untuk mengganti kursi yang keras dengan kursi yang empuk. Hal ini karena suara dapat memantul pada perabot yang keras, sedangkan perabot lembut justru membantu meredam suara tersebut.
  3. Hiasan Dinding
    Kebanyakan orang berpikir untuk menggantung lukisan atau foto di dinding, tetapi jika Anda ingin meredam suara, cobalah untuk memasang hiasan dinding dari kain. Hiasan dinding adalah cara yang bagus untuk menambahkan warna dan pola ke ruang, dan karena hiasan dinding juga dapat membantu meredam suara, hal itu merupakan solusi yang bagus.