<p>PT Asuransi BRI Life. / Facebook @BRILIFEID</p>
Industri

FWD Group Milik Anak Konglomerat Asal Hong Kong Akuisisi Saham BRI Life

  • JAKARTA – Grup keuangan FWD Financial Service Pte. Ltd., milik anak konglomerat asal Hong Kong Li Ka-shing yakni Richard Li telah menandatangani conditional share subscription agreement (CSSA) untuk mengakuisisi sebagian saham baru ke entitas anak PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) yakni PT Asuransi BRI Life. Mengutip dari keterbukaan Informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), […]

Industri
wahyudatun nisa

wahyudatun nisa

Author

JAKARTA – Grup keuangan FWD Financial Service Pte. Ltd., milik anak konglomerat asal Hong Kong Li Ka-shing yakni Richard Li telah menandatangani conditional share subscription agreement (CSSA) untuk mengakuisisi sebagian saham baru ke entitas anak PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) yakni PT Asuransi BRI Life.

Mengutip dari keterbukaan Informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), melalui transaksi ini FWD akan menjadi pemegang saham minoritas anak perusahaan BRI yang bergerak dalam bidang asuransi jiwa tersebut, sementara BRI masih akan menjadi pemegang saham mayoritas.

Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan transaksi ini menunjukkan bahwa Indonesia masih menarik bagi investor luar negeri. Saat ini, transaksi tersebut masih dalam proses persetujuan regulator dan pemangku kebijakan terkait lainnya.

“Setelah transaksi tuntas, BRI dan BRI Life akan membuat perjanjian kerja sama selama 15 tahun untuk mengembangkan bisnis asuransi jiwa,” kata Sunarso dalam keterangan resmi, Kamis, 19 Juni 2020.

Sunarso menuturkan kerja sama ini akan berdampak positif bagi semua pihak, termasuk nasabah dan stakeholder lainnya. Kerja sama ini juga akan memperkuat value proposition atau nilai manfaat produk/layanan bagi para nasabah emiten bersandi saham BBRI itu.

Menurutnya, FWD sebagai salah satu perusahaan asuransi mapan di Asia akan memperkuat layanan asuransi BRI Life, sehingga dapat meningkatkan pengembangan produk, distribusi, seleksi risiko (underwriting), manajemen risiko, operasional, dan teknologi digitalnya.

Melalui kerja sama ini, kata Sunaro, akan menjadi kesempatan FWD untuk memperkuat kehadiran dan komitmennya terhadap pasar di Indonesia serta mempertegas eksistensinya sebagai perusahaan terdepan di industri bancassurance atau layanan asuransi perbankan.

Pada awal tahun 2020 ini, perusahaan dari FWD Group lainnya yakni PT FWD Life Indonesia telah merampungkan akuisisi saham milik PT Commonwealth Life (PTCL). Dengan rampungnya transaksi tersebut, Commonwealth Life berubah nama menjadi PT FWD Insurance Indonesia.

FWD Life Indonesia telah mengambil alih saham Commonwealth Life dari tangan Commonwealth Bank of Australia (CBA). Melalui transaksi ini, FWD Life Indonesia berhasil menguasai 80% saham Commonwealth Life. Penjualan 80% saham CBA di Commonwealth Life ke FWD ditaksir mencapai sekitar US$400 juta setara Rp5,6 triliun. (SKO)