Perdana Menteri India Narendra Modi dan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau
Dunia

G20: Modi Ungkapkan Kekesalan pada Trudeau Soal Protes Sikh

  • New Delhi telah lama merasa sensitif terhadap protes dari kelompok Sikh di Kanada. Pada bulan Juni, India mengkritik Kanada karena mengizinkan peragaaan dalam sebuah parade yang menggambarkan pembunuhan terhadap Perdana Menteri India, Indira Gandhi.
Dunia
Distika Safara Setianda

Distika Safara Setianda

Author

JAKARTA - Perdana Menteri India Narendra Modi menyampaikan keprihatinan kepada Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau tentang protes terhadap India di Kanada. Hal itu disampaikannya di sela KTT G20 di New Delhi akhir pekan lalu. 

Dilansir dari Reuters, Senin 11 September 2023, New Delhi telah lama merasa sensitif terhadap protes dari kelompok Sikh di Kanada. Pada bulan Juni, India mengkritik Kanada karena mengizinkan peragaaan dalam sebuah parade yang menggambarkan pembunuhan terhadap Perdana Menteri India, Indira Gandhi, oleh pengawalnya tahun 1984. 

Aksi itu dianggap sebagai glorifikasi kekerasan oleh kelompok separatis Sikh. “Mereka mempromosikan pemisahan dan menghasut kekerasan terhadap diplomat India, merusak fasilitas diplomatik, dan mengancam komunitas India di Kanada beserta tempat ibadah mereka,” kata pernyataan dari pihak India.

Hubungan antara India dan Kanada tetap tegang. Bulan ini Ottawa menghentikan pembicaraan mengenai perjanjian perdagangan yang diajukan dengan India, hanya tiga bulan setelah kedua negara tersebut menyatakan tujuannya untuk menyelesaikan kesepakatan awal pada tahun ini. 

Modi, yang melakukan pertemuan bilateral dengan banyak pemimpin dunia selama KTT G20, tidak melakukan pertemuan bilateral dengan Trudeau. Sebagai informasi, Indira Gandhi tewas dibunuh oleh dua pengawal Sikh setelah ia mengizinkan penyerbuan kuil Sikh terkemuka di utara India. 

Hal itu dengan maksud untuk mengusir kelompok separatis Sikh yang menuntut sebuah tanah air independen yang dikenal sebagai Khalistan. Kanada memiliki populasi Sikh terbesar di luar negara asal mereka, yaitu Punjab di India. Negara tersebut telah menjadi lokasi banyak protes yang membuat India merasa kesal.

Trudeau menyatakan dalam konferensi pers di New Delhi bahwa Kanada akan selalu mempertahankan kebebasan berekspresi, kebebasan hati nurani, dan protes damai. “Saat yang bersamaan, kita selalu berada di sana untuk mencegah kekerasan, untuk menolak kebencian,” ujarnya. Dia menambahkan tindakan beberapa individu tidak mewakili seluruh komunitas atau Kanada