Nampak nasabah tengah melakukan transaksi  di salah satu kantor cabang Bank Mandiri Taspen, Jakarta. Rabu 10 Mei 2023. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Korporasi

Gabung TKN Prabowo-Gibran, Chandra Arie Mundur dari Bank Mandiri Taspen

  • Chandra mengajukan pengunduran diri, karena dirinya terpilih sebagai wakil bendara umum pada Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran.
Korporasi
Alvin Pasza Bagaskara

Alvin Pasza Bagaskara

Author

JAKARTA - Chandra Arie Setiawan resmi mengundurkan diri dari jabatan sebagai Komisaris Independen di perusaahan pengelola dana pensiun PT Bank Mandiri Taspen. Ia telah menduduki jabatan tersebut sejak 2021 lalu.

Chandra mengajukan pengunduran diri, karena dirinya terpilih sebagai anggota Tim Kampanye Nasional (TKN) untuk salah satu pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden dalam Pemilu 2024 mendatang.

Berdasarkan publikasi keterbukaan informasi yang dikutip Jumat, 14 Desember 2023, Chandra sapaan akrabnya mengajukan permintaan pengunduran diri dari jabatannya sebagai Anggota Dewan Komisaris Independen pada tanggal 30 November 2023.

“Sehubungan dengan hal tersebut, maka atas penunjukkan saya dalam TKN Paslon tersebut, dengan ini saya mengajukan pengunduran diri dalam jabatan sebagai Komisaris Independen PT Bank Mandiri Taspen dan selanjutnya agar diproses sesuai ketentuan Perseroan yang berlaku,” jelasnya dalam keterbukaan informasi. 

Terkait gelaran pesta demokrasi itu, Chandra belum lama ini telah dipilih oleh TKN yang mendukung pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka untuk menjabat sebagai wakil bendahara umum.

Adapun, manajemen Bank Mandiri Taspen menyebut mundurnya Chandra sebagai anggota Dewan Komisaris Independen perseroan tidak berpengaruh terhadap kegiatan operasional, hukum, kondisi keuangan atau kelangsungan usaha Perseroan. 

Profil Chandra

Dengan latar belakang pendidikan yang kokoh, Chandra Arie Setiawan meraih gelar Sarjana di bidang Ekonomi Manajemen dari Universitas Indonesia pada 1999, kemudian melanjutkan pendidikan tingginya dengan meraih gelar Magister Manajemen, juga dari Universitas Indonesia pada 2005.

Chandra sapaan akrabnya memulai langkahnya dalam dunia profesional sebagai Vice President Marketing di PT Sanatel pada periode 1999 hingga 2004. Setelah meniti karier di bidang pemasaran, dirinya kemudian melanjutkan perjalanan kariernya sebagai Direktur di PT Ketrosden Triasmitra dari periode 2004 hingga 2011.

Pada 2011, Chandra berhasil meraih posisi puncak dengan menjadi Chief Executive Officer (CEO) di PT Sarana Global Indonesia dan menahkodai perusahaan yang bergerak di bidang kontraktor itu hingga 2020.

Usai menyelesaikan kepemimpinannya di Sarana Global Indonesia, Chandra  beralih ke sektor korporat dengan menjabat sebagai Komisaris PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) dari periode 2020 hingga 2021.

Dengan prestasinya terus berkembang, dan pada 28 Juni 2021, Chandra diangkat sebagai Komisaris Independen PT Bank Mandiri Taspen. Keputusan ini diambil melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) untuk pertama kalinya. Pengangkatan tersebut juga menandai kontribusi serta pengalaman luas Chandra dalam ranah bisnis dan manajemen.