Erick Thohir
Nasional

Gaet Investor Early Stage, Menteri Erick Gelar BUMN Startup Day

  • Menteri BUMN, Erick Thohir menyampaikan, terselenggaranya BUMN Startup Day merupakan sebuah peluang untuk memanfaatkan ekosistem digital di Indonesia yang sangat besar.
Nasional
Feby Dwi Andrian

Feby Dwi Andrian

Author

JAKARTA - Menteri BUMN, Erick Thohir menyampaikan, terselenggaranya BUMN Startup Day merupakan sebuah peluang untuk memanfaatkan ekosistem digital di Indonesia yang sangat besar.

Ia menambahkan tujuan diselenggarakannya acara ini adalah untuk memfasilitasi pertukaran ide hingga inspirasi antara investor dan perusahaan rintisan di tahap early stage.

"Tujuan dari BUMN Startup Day tentu adalah untuk memfasilitasi pertukaran ide, inspirasi, serta berkolaborasi antara BUMN Indonesia dengan para startup terkurasi dalam tahap early dan growth stage," ungkap Erick dalam acara BUMN Startup Day di Tangerang, Senin 26 September 2022.

Erick juga menegaskan bahwa BUMN akan senantiasa mendukung startup yang ada di Indonesia asalkan perusahaan rintisan itu didirikan serta menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat di Tanah Air.

Lebih lanjut, Erick mengaku bahwa inisiatif BUMN terhadap dunia digital juga tak lepas dari arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi)

"Tentu saya ingat bahwa di tahun 2019, Bapak Presiden, memberikan arahan bahwa ekonomi digital akan jadi salah sektor penting bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia," tambah Erick.

Erick melanjutkan bahwa di tahun 2030 mendatang, ekonomi digital Indonesia menjadi yang terbesar di Asia Tenggara yaitu sekitar 40% dari total ekonomi yang ada di kawasan ASEAN dengan nilai Rp4.500 triliun.

Namun, Erick mewanti-wanti agar perusahaan plat merah tidak asal melakukan investasi langsung tanpa adanya pendampingan dari venture capital BUMN.

"Harus ada pendampingan dari venture capital. Karena banyak direksi BUMN yang tidak ada pengalaman di industri digital langsung berinvestasi. Hal tersebut supaya menjaga adanya keberlanjutan dan tidak putus di tengah jalan," ucap pria kelahiran Jakarta ini.

Sebagai informasi, BUMN Startup Day diikuti sebanyak 250 startup yang sudah disesuaikan dengan 12 klaster di Kementerian BUMN.

Di dalam acara ini juga terdapat lima poin utama yang bisa diikuti seperti business matching, investor pitching, rapid mentoring startup, conference dan exhibiton.

Erick juga memohon dukungan kepada Presiden Jokowi agar BUMN Startup Day bisa menjadi angin segar untuk kemajuan digital ekonomi Indonesia sebagai salah satu pertumbuhan ekonomi masa depan.