Ketahui Penyebab Diplopia Seperti yang Dialami Pembalap MotoGP Marc Marquez
Gaya Hidup

Gagal Bersaing, Honda Diisukan Depak Marc Marquez

  • Rumor Honda segera berpisah dengan Marquez mengemuka menjelang MotoGP Belanda akhir pekan ini.
Gaya Hidup
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

JAKARTA—Perseteruan Marc Marquez dengan Repsol Honda dikabarkan kian meruncing. Hal itu setelah hasil buruk sang pembalap di MotoGP Jerman pekan lalu. Rumor Honda segera berpisah dengan Marquez pun mengemuka menjelang MotoGP Belanda akhir pekan ini. Juara MotoGP enam kali itu disebut berpeluang pindah ke KTM. 

Diketahui, performa Marquez musim ini masih jauh dari maksimal. Rider berjuluk The Baby Alien itu baru mengumpulkan 15 poin dari tujuh balapan. Hasil tersebut membuatnya tertahan di posisi 19 klasemen sementara, tertinggal 145 poin dari Francesco Bagnaia di puncak klasemen.

Terkini, Marquez lima kali terjatuh sepanjang akhir pekan MotoGP Jerman. Highside di sesi pemanasan akhirnya membuat sang rider memutuskan mundur dari balapan. Hasil buruk di Sirkuit Sachsenring disebut menjadi puncak ketidakharmonisan hubungan Marquez dengan Honda.

Diketahui, Marquez beberapa kali mengeluhkan motor Honda RC213V yang dia tunggangi kalah dalam aspek kecepatan. Hal itu memaksa pembalap mengambil risiko lebih banyak hingga akhirnya sering terjatuh. Pernyataan Marquez membuat Honda berang. 

Meski masih terikat kontrak hingga 2024, Honda disebut siap mendepak Marquez lebih cepat pada musim ini. Jika hal itu terjadi, kondisi tersebut bisa menjadi problem pelik bagi kedua belah pihak. Diketahui selama ini hanya Marquez yang dikenal dapat menjinakkan RC213V. Rekan setim Marquez, Joan Mir, juga tampil hancur-hancuran musim ini dengan hanya mengemas lima poin.

Ikuti Jejak Rossi?

Legenda MotoGP, Charlos Checa, menyebut Honda selalu meyakini Marquez dapat menang menggunakan sepeda motor Honda apapun. “Namun sekarang sudah tidak lagi. Saya melihat tidak ada solusi bagi keduanya saat ini,” ujar Checa. Marquez disebut bisa saja pindah ke KTM jika resmi didepak.

Rumor pemecatan Marquez mengingatkan pada kondisi Valentino Rossi pada akhir musi 2003. Saat itu Rossi memutuskan meninggalkan Honda lantaran merasa tak dihargai pabrikan asal Jepang tersebut. “Honda punya motor terbaik. Tapi mereka berpikir jika saya pergi, mereka bisa menang dengan pembalap lain, seperti Sete Gibernau dan Max Biaggi," ujar Rossi dikutip dari Moto Sprint.

The Doctor kemudian hijrah ke Yamaha usai memberikan tiga gelar juara dunia pada Honda. Bersama Yamaha, Rossi semakin moncer dengan merebut empat gelar juara MotoGP sebelum pensiun akhir musim 2021.