<p>Wakil Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Anggoro Eko Cahyo (kiri). / Facebook @BNI</p>
Nasional

Gagal di BNI, Anggoro Eko Cahyo Kini Resmi Dirut BPJS Ketenagakerjaan

  • Presiden Joko Widodo telah menetapkan tujuh nama sebagai direksi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan. Duduk di kursi Direktur Utama BPJS adalah Anggoro Eko Cahyo.

Nasional
Sukirno

Sukirno

Author

JAKARTA – Presiden Joko Widodo telah menetapkan tujuh nama sebagai direksi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan. Duduk di kursi Direktur Utama BPJS adalah Anggoro Eko Cahyo.

Dalam dokumen yang diterima TrenAsia.com, Jumat, 19 Februari 2021, Anggoro Eko Cahyo resmi menggantikan Agus Susanto.

Selain Anggoro, direksi BPJS Ketenagakerjaan 2021-2026 yang ditetapkan oleh Presiden Jokowi adalah Abdur Rahman Irsyadi, Asep Rahman Swandha, Edwin Michael Ridwan, Pramudya Iriawan Buntoro, Roswita Nilakurnia dan Zainuddin.

Namun, para direksi ini belum diberi kewenangan bidang masing-masing. Kelak, mereka secara internal akan membagi kewenangannya secara mandiri.

Sementara itu, Muhammad Zuhri ditetapkan sebagai Ketua Dewan Pengawas yang sudah direstui presiden. Sedangkan, anggota dewan pengawas terdiri dari Kushari Suprianto dari unsur pemerintah, Yayat Syariful Hidayat dari unsur pekerja, Agung Nugroho dari unsur pekerja, Subchan Gatot dari unsur pemberi kerja, dan Muhammad Uman Nuril Hidayat Budi Pinuji dari unsur tokoh masyarakat.

Tak Lolos di BNI
Wakil Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Anggoro Eko Cahyo. / Facebook @BNI

Nama Anggoro Eko Cahyo bukanlah nama asing di dunia keuangan dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Anggoro Eko sebelumnya merupakan Wakil Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI) atau BNI.

Lebih dari empat bulan, Anggoro Eko Cahyo menjabat sebagai Wadirut Bank BNI. Selama itu pula, Anggoro yang menggantikan Herry Sidharta sebagai Wadirut BNI, belum mengantongi persetujuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atas penilaian kemampuan dan kepatutan (fit and proper test).

TrenAsia.com mendapatkan informasi tidak lolosnya Anggoro dalam fit and proper test OJK pada Jumat, 12 Juni 2020. Beberapa sumber di dalam pemerintahan yang kredibilitasnya dapat dipertanggungjawabkan membocorkan persoalan yang dihadapi oleh bank BUMN tersebut. (SKO)

Berikut ulasan lengkap terkait Anggoro Eko Cahyo:

  1. Lika-liku Kasus Wadirut BNI Anggoro Eko Cahyo Tak Lolos Uji OJK
  2. Jejak Karir Bankir Anggoro Cahyo, Miliki Saham BBNI Terbesar di Antara Direksi BNI
  3. Wadirut BNI Anggoro Eko Belum Lulus Fit & Proper Test OJK
  4. Disorot Soal Pemilihan Direksi dan Komisaris BUMN, Ini Jawaban Erick Thohir
  5. Sssttt… Ada Aroma Politik yang Kental dalam Perombakan Direksi BNI?