IMG-20230119-WA0044.jpeg
Tekno

Gagal Tarik Tunai di ATM Namun Saldo Berkurang? Ini Penjelasannya

  • Nasabah sebetulnya tidak perlu panik ketika gagal tarik tunai di ATM namun saldo tetap berkurang. Karena saldo tersebut akan otomatis kembali sejumlah sedia kala ketika pihak penyedia ATM dan bank melakukan rekonsiliasi di kemudian hari.

Tekno

Yosi Winosa

JAKARTA - Siapa pernah tarik tunai di Automatic Teller Machine atau Anjungan Tunai Mandiri (ATM) lalu mesin tersebut gagal mengeluarkan uang namun saldo di rekening tetap berkurang? Pengalaman serupa tentu membuat nasabah kesal, tidak nyaman atau bahkan heran.

Nasabah sebetulnya tidak perlu panik ketika gagal tarik tunai di ATM namun saldo tetap berkurang. Karena saldo tersebut akan otomatis kembali sejumlah sedia kala ketika pihak penyedia ATM dan bank melakukan rekonsiliasi di kemudian hari.

Corporate Secretary BNI Okki Rushartomo menjelaskan, dalam rekonsiliasi biasanya petugas bank akan melakukan pengecekan dengan menggunakan data nomor kartu debet, nomor rekening dan mesin ATM.

“Saya pernah seperti ini, nanti dananya enggak hilang. Biasanya nanti setelah ada proses rekonsiliasi dengan penyedia ATM itu dananya akan otomatis kembali,” kata Okki kepada TrenAsia.com, Kamis, 19 Januari 2023.

Namun untuk mempercepat proses pengembalian saldo yang “hilang” tersebut, ada baiknya nasabah menghubungi pihak Customer Service (CS) bank. Mengingat saat ini banyak terjadi kasus fraud atau kejahatan yang memanfaatkan ATM misalnya skimming.

Rekonsiliasi bank sendiri adalah sebuah proses pencocokan saldo dalam catatan akuntansi entitas dengan informasi yang sesuai di laporan bank. 

Tahapannya biasanya ada dua, yakni rekonsiliasi transaction-to-transaction dan rekonsiliasi buku besar atau general ledger.

Rekonsiliasi transaction-to-transaction akan membuktikan setiap transaksi yang tercatat dalam sistem konsisten tercatat dalam waktu, jumlah dan referensi akun yang sama.

Sedangkan rekonsiliasi buku besar akan melihat jumlah transaksi yang dinyatakan cocok dan konsisten pada transaction-to-transaction memiliki jumlah yang sama dengan pencatatan yang terjadi didalam buku besar. 

Pada rekonsiliasi ATM, rekonsiliasi transaction-to-transaction adalah perbandingan transaksi yang terjadi dan tercatat pada mesin juga pada core banking

Sedangkan rekonsiliasi buku besar adalah pencatatan jumlah uang yang keluar dari akun konsumen perbankan dan masuk kedalam akun penampungan ATM.