Photo by Karolina Grabowska: https://www.pexels.com/photo/woman-counting-money-and-paying-bills-with-sadness-5900157/
Gaya Hidup

Gaji Anda Tak Pernah Cukup ? Waspadai 3 Kesalahan yang Mungkin Anda Lakukan

  • Tak dapat dipungkiri, gaya hidup tinggi melebihi penghasilan adalah penyakit yang hingga sekarang belum ada obatnya.
Gaya Hidup
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Apa yang muncul di pikiran Anda ketika mendengar kata gaji ? Tidak cukup ? Selalu habis sebelum akhir bulan ? Jika iya, mungkin Anda perlu menengok kebelakang lagi. 

Apakah Anda sudah mengelola keuangan Anda dengan baik. Prita Hapsari Ghozie, seorang konsultan dan perencana keuangan dalam bukunya yang berjudul Make It Happen mengungkapkan 3 kesalahan yang umumnya dilakukan oleh seseorang sehingga membuat gaji mereka tak kunjung cukup.

1. Tidak bisa membedakan antara simpanan, tabungan, dan investasi
Kebanyakan orang menerima gaji mereka di sebuah rekening "tabungan". Padahal seharusnya mereka menaruh gaji mereka di rekening simpanan. 

Karena idealnya, rekening tabungan harus memiliki transaksi kredit yang lebih banyak daripada transaksi debit. Coba Anda cek mutasi rekening Anda dan hitung berapa banyak transaksi debit dan transaksi kreditnya. 

Idealnya rekening tabungan hanya boleh di debit sesekali saja yaitu untuk mendanai tujuan keuangan tabungan yang telah ditetapkan. Berbeda dengan rekening tabungan, rekening simpanan memang harus habis setiap bulannya.

Jadi sebaiknya mulai sekarang letakkan gaji Anda di rekening simpanan dan segera pindahkan berapa persen ke rekening tabungan dan tidak boleh diambil lagi.

2. Hobi berutang
Kesalahan yang berikutnya adalah hobi berutang. Tak hanya berhutang kepada teman dan saudara, sekarang sudah banyak jenis hutang yang dapat Anda gunakan dengan praktis dan mudah mulai dari hutang kartu kredit hingga layanan paylater di aplikasi. 

Jika Anda adalah salah satunya, maka mentalitas hobi berhutang harus segera Anda hentikan. Apalagi jika Anda berfikir tambahan limit hutang sebagai tambahan penghasilan. 

Karena limit bukanlah hak Anda, dan Anda harus membayar segera setelah jatuh tempo lengkap dengan biaya bunga dan biaya lainnya.

3. Gaya hidup tinggi
Tak dapat dimungkiri, gaya hidup tinggi melebihi penghasilan adalah penyakit yang hingga sekarang belum ada obatnya. Terutama untuk Anda yang hidup di kota-kota besar. 

Susah sekali untuk menghentikan kebiasaan Anda membeli barang-barang terbaru, liburan ke suatu tempat, hingga nongkrong di kafe terkenal. Tak jarang hal ini membuat Anda berada di kondisi lebih besar pasak daripada tiang.

Nah berikut tadi adalah artikel mengenai 3 kesalahan yang mungkin Anda lakukan sehingga membuat gaji Anda tak kunjung cukup. Semoga bermanfaat!