Masjid Sheikh Zayed Solo.
Nasional

Gaji dari UEA, Masjid Sheikh Zayed Solo Buka Banyak Loker untuk Petugas Keamanan

  • SOLO—Mau pekerjaan dengan gaji langsung dari Uni Emirat Arab (UEA)? Baru-baru ini Masjid Raya Sheikh Zayed Solo membuka lowongan pekerjaan untuk posisi petugas
Nasional
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

SOLO—Mau pekerjaan dengan gaji langsung dari Uni Emirat Arab (UEA)? Baru-baru ini Masjid Raya Sheikh Zayed Solo membuka lowongan pekerjaan untuk posisi petugas keamanan khusus. Kebutuhan petugas keamanan baru di masjid megah tersebut dikabarkan mencapai puluhan orang. 

Rekrutmen dilakukan secara bertahap oleh pihak ketiga. Hal itu disampaikan Direktur Operasional Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, Munajat, saat berbincang dengan TrenAsia, Rabu 8 Maret 2023. Munajat mengonfirmasi adanya kebutuhan petugas keamanan tambahan di masjid hibah dari UEA tersebut. “Betul ada kebutuhan terkait itu. Nanti gajinya langsung dari pemerintah UEA,” ujarnya. 

Lowongan kerja satpam di Masjid Sheikh Zayed belakangan viral setelah warganet mengunggah informasi terkait hal itu di media sosial. Warga takjub dengan besaran gaji petugas keamanan yang disebut mencapai Rp6 juta sebulan. Dalam info yang viral tersebut, satpam baru juga akan mendapatkan BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, mes, hingga tunjangan hari raya dihitung sekali gaji pada bulan ke-13.    

Disinggung terkait gaji Rp6 juta tersebut, Munajat tidak membantah atau membenarkan. Munajat beralasan yang mengelola rekrutmen adalah pihak ketiga. Pengelola masjid, imbuhnya, hanya menerima jadi pegawai baru. Pihaknya hanya memberi catatan agar rekrutmen tersebut mengutamakan warga sekitar. “Kami tidak tahu menahu soal nominal gaji,” kata dia. 

Info yang beredar, Masjid Sheikh Zayed membuka lowongan 30 orang untuk menjadi petugas keamanan. Terkait hal tersebut, Munajat juga belum dapat memastikan. Pihaknya mengatakan jumlah yang diterima bisa lebih atau kurang dari itu merujuk kebutuhan masjid. 

“Yang jelas kebutuhan petugas keamanan di sini cukup banyak. Jadi tidak cuma untuk menjaga keamanan, untuk hospitality pengunjung sampai pengamanan imam juga ada satpam khusus,” jelasnya. 

Dari informasi yang tengah viral, Masjid Sheikh Zayed memberikan sejumlah syarat bagi calon petugas keamanan khusus mereka yakni tinggi badan minimal 175 sentimeter, berpenampilan menarik, memiliki kartu aktif Gada Pratama dan atau sertifikat lainnya, serta memiliki kemampuan bela diri dengan menunjukkan bukti.