Bintang Inter Miami dan Argentina, Lionel Messi.
Gaya Hidup

Gaji Messi di Inter Miami Tak Sampai Sepertiga Gaji Ronaldo

  • Gaji Lionel Messi di Inter Miami dikabarkan kalah jauh dari penghasilan Cristiano Ronaldo di Al Nassr.
Gaya Hidup
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

JAKARTA—Gaji Lionel Messi di Inter Miami dikabarkan kalah jauh dari penghasilan Cristiano Ronaldo di Al Nassr. Honor Messi di klub Major League Soccer (MLS) itu bahkan tak sampai sepertiga gaji Ronaldo. Meski demikian, gaji bintang Timnas Argentina itu saat ini masih lebih besar dari gaji di klub sebelumnya, Paris Saint-Germain (PSG).

Dikutip dari The Guardian, Kamis 22 Jun 2023, pemasukan Messi di Inter Miami berada di kisaran 54 juta euro atau sekitar Rp887 miliar per tahun. Sang pemain diikat kontrak selama dua setengah tahun di klub berjuluk Si Bangau tersebut. Gaji itu mengalami peningkataan cukup banyak, nyaris dua kali lipat, dibanding gaji di PSG.

Sebagai informasi, pemain berjuluk La Pulga itu mendapatkan gaji sebesar 35 juta euro per tahun di Les Parisiens. Namun gaji Messi di Inter Miami tak ada apa-apanya dibandingkan dengan Ronaldo. Pemain Timnas Portugal itu diguyur bayaran mencapai Rp200 juta euro per tahun atau sekitar Rp3,3 triliun. 

Artinya, gaji Messi tak sampai sepertiga gaji Ronaldo di liga Arab Saudi. Messi sendiri beberapa waktu lalu telah menegaskan bahwa uang bukanlah pertimbangan utamanya untuk hijrah ke Negeri Paman Sam. “Jika ini masalah uang, saya akan pergi ke Arab Saudi atau tempat lain. Keputusan saya berbeda dan bukan didasarkan karena uang,” ujar Messi.

Tambahan Gaji dari Keuntungan Klub

Striker 35 tahun itu mengaku ingin hidup lebih tenang usai meraih segalanya di level klub maupun Timnas. “Setelah memenangi Piala Dunia dan tidak bisa pergi ke Barcelona, saatnya pergi ke MLS untuk menjalani sepak bola dengan cara yang berbeda dan lebih menikmati kehidupan sehari-hari. Saya ingin melakukan hal-hal (karier) dengan baik, tapi dengan lebih tenang,” imbuhnya.

Sebagai informasi, Messi bisa saja menjadi pesepakbola dengan gaji termahal dunia jika menerima tawaran Al Hilal. Klub tersebut dikabarkan menyodorkan gaji hingga Rp4,8 triliun per musim. Namun keputusan Messi merapat ke Inter Miami bukanlah pilihan yang buruk-buruk amat.    

Selain mendapatkan gaji Rp887 miliar per musim, Messi bakal mendapatkan persentase keuntungan yang dihasilkan Inter Miami dari kedatangannya ke Negeri Paman Sam. Selain itu, sang pemain akan mendapatkan keuntungan tambahan dari sponsor-sponsor ternama seperti Apple TV+, Adidas, dan MLS.