Tidak Hanya Bikin Hidup Tenang, Inilah Manfaat Memiliki Passive Income
Gaya Hidup

Gaji Tidak Tetap Tapi Pengeluaran Makin Naik? Ini Cara Mengatur Pendapatan Anda

  • Inilah strategi bertahan hidup dan mengatur pendapatan bagi Anda yang memiliki gaji tidak tetap.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Tidak semua orang memiliki kesempatan memiliki gaji yang tetap. Bagi yang memiliki gaji tidak tetap seperti freelancer mungkin tidak selalu dapat mengontrol kapan waktu gajian dan kerap mengalami kesulitan untuk membuat anggaran serta mengontrol keuangan.

Bagi Anda yang merasa kesulitan mengatur keuangan karena mendapatkan gaji yang tidak tetap, coba beberapa tips berikut ini.

Tentukan Pendapatan dan Pengeluaran Rata-Rata

Jika Anda ingin mulai menganggarkan pendapatan yang berfluktuasi, Anda perlu mengetahui berapa banyak uang yang masuk dan berapa banyak yang Anda belanjakan. Cara ini memang tampak sering diucapkan, tapi untuk mulai melacak keuangan Anda, Anda perlu mengumpulkan data yang akurat mengenai pendapatan dan pengeluaran rata-rata Anda.

Misalnya, setelah Anda mencatat pendapatan dan pengeluaran selama enam bulan, Anda dapat membagi totalnya dengan enam untuk menentukan pendapatan dan pengeluaran rata-rata per bulan.

Coba Anggaran Zero-Sum

Strategi menggunakan anggaran ‘zero-sum’ paling mudah digunakan oleh Anda yang tidak memiliki pekerjaan tetap. Caranya adalah dengan mempertimbangkan pengeluaran bulanan rata-rata dan gunakan angka tersebut sebagai dasar Anda. Misalnya jika tagihan bulanan rumah tangga, makan, tabungan, dan kebutuhan lainnya berjumlah Rp 2 juta, maka itu adalah gaji Anda untuk bulan tersebut. Selama bulan-bulan ketika Anda menghasilkan lebih dari Rp 2 juta maka Anda harus memasukkan uang ekstra tersebut ke dalam rekening tabungan terpisah.

Pisahkan Uang Tabungan dan Uang Belanja

Memisahkan tabungan Anda secara fisik dari uang belanja sehari-hari sangat penting untuk dilakukan ketika Anda membuat anggaran apalagi jika memiliki gaji yang tidak tetap. Hal ini karena Anda mungkin tergoda untuk menarik dana dari tabungan Anda selama bulan-bulan ketika berpenghasilan rendah.

Caranya adalah dengan transfer sejumlah uang pada awal bulan ke rekening untuk membayar tagihan dan sejumlah uang ke rekening pengeluaran. Saat mempertimbangkan rekening tabungan, Anda juga perlu mempertimbangkan membuat rekening untuk pensiun.

Siapkan Dana Darurat

Cara terbaik untuk mengatasi periode berpenghasilan rendah adalah mempersiapkan dana darurat yang memadai. Dana darurat merupakan uang yang Anda sisihkan untuk pengeluaran yang diperlukan selama keadaan darurat, seperti masalah medis atau kendaraan rusak.

Itu tadi strategi bertahan hidup dan mengatur pendapatan bagi Anda yang memiliki gaji tidak tetap. Selamat mencoba.