Uang
Gaya Hidup

Gajian Januari Masih Lama, Ini 6 Cara Membuat Uang Anda Bertahan Sampai Akhir Bulan

  • Inilah beberapa tips atau cara untuk membuat uang Anda bisa bertahan sampai akhir bulan Januari ini.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Bulan Desember sampai awal tahun baru tepatnya pada bulan Januari memang sarat akan liburan. Selain itu, gaji yang diterima pada bulan Desember tentunya turun lebih awal yang membuat Anda bahagia dan memiliki uang untuk memenuhi kebutuhan atau sekadar membeli beberapa wishlist Anda.

Meski begitu, tentu hal tersebut menimbulkan tantangan baru. Setelah liburan Natal dan Tahun Baru berakhir, Anda harus mengetahui dan memastikan bahwa saldo tabungan Anda cukup untuk memenuhi kebutuhan sampai akhir bulan Januari ini. 

Lalu bagaimana agar Anda bisa tetap bertahan sampai akhir bulan? Simak penjelasan berikut ini.

Cara Membuat Uang Anda Bertahan Sampai Akhir Bulan Januari

1. Anggarkan dengan Hati-hati

Langkah pertama untuk mengatasi kondisi ini adalah duduk dengan tenang lalu merencanakan anggaran secara menyeluruh sampai akhir bulan. Cari tahu sisa uang Anda, setelah Anda membayar hadiah, tagihan rutin, dan membeli kebutuhan.

Dari sini, Anda dapat melihat uang yang tersisa kemudian bagilah sisanya untuk setiap pengeluaran yang akan Anda lakukan sebelum hari gajian di bulan Januari. Meski begitu, tetaplah untuk bersikap realistis dan cari tahu di pos pengeluaran apa yang bisa Anda hemat.

2. Buat Resolusi Terkait Uang

Krisis biaya hidup memang membuat banyak orang merasa terjepit tahun ini. Tidak mengherankan jika banyak orang mulai mencoba membuat resolusi tahun baru terkait uang untuk pertama kalinya dalam hidup mereka. 

Anda juga bisa melakukan hal ini dengan mencoba membuat resolusi keuangan seperti tidak melakukan pembelian secara impulsif dan berbelanja dengan hati-hati.

3. Tetapkan Hari Tanpa Pengeluaran

Meski rencana 24 jam tanpa menghabiskan satu rupiah pun mungkin terdengar seperti hal yang mustahil, dengan melakukan sedikit perencanaan, tugas ini bisa jauh lebih mudah dicapai daripada yang mungkin Anda pikirkan. Jika Anda bekerja dari rumah, Anda bisa membuat makan siang dan makan malam sendiri dan berhentilah untuk mengonsumsi makanan dan minuman kemasan atau dari layanan delivery order.

Jika Anda terus melakukan praktik ini sepanjang tahun 2023, Anda mungkin bisa telah menguasai keterampilan seminggu penuh tanpa berbelanja sedikit pun.

4. Awasi Akun Rekening Bank Anda

Untuk memastikan Anda tetap pada jalur anggaran yang telah Anda buat, jangan lupa untuk terus memantau rekening bank Anda. Hal ini dapat membantu Anda mengetahui semua pengeluaran bulanan dan tidak menutup kemungkinan Anda akan menemukan beberapa kejutan. Kebiasaan ini juga berguna untuk memantau setiap biaya berlangganan yang meningkat yang menurut Anda tidak dapat diperpanjang lagi.

5. Jual barang bekas

Jika Anda mengurangi bersosialisasi, Anda bisa menggunakan waktu luang ini untuk menyortir lemari pakaian dan lemari penyimpanan untuk melihat hidden gem apa yang Anda temukan. Anda mungkin memiliki hadiah yang tidak diinginkan, barang elektronik, buku, atau bahkan CD lama yang mungkin bisa Anda jual kepada orang yang membutuhkan.

6. Belanja Makanan Hemat

Dengan adanya kenaikan harga makanan atau harga layanan pesan antar, mungkin Anda harus lebih berhati-hati saat belanja di luar. Anda mungkin juga harus membayar sesuai pemakaian dan mengurangi pengeluaran ekstra yang tidak diperlukan seperti membeli kopi, makanan manis, dan sebagainya. 

Itu tadi beberapa tips atau cara untuk membuat uang Anda bisa bertahan sampai akhir bulan Januari ini. Selamat mencoba.