Ilustrasi. Tower Bersama Infrastructure
Korporasi

Galakkan Saving Energy, Tower Bersama (TBIG) Ajak Telco Operator untuk Bekerja Sama

  • PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG) menegaskan sudah melakukan beberapa gerakan untuk saving energy. Namun, TBIG mengaku hal tersebut tak bisa dilakukan secara sendirian.
Korporasi
Feby Dwi Andrian

Feby Dwi Andrian

Author

JAKARTA - PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG) menegaskan sudah melakukan beberapa gerakan untuk saving energy. Namun, TBIG mengaku hal tersebut tak bisa dilakukan secara sendirian.

Chief Financial Officer TBIG Helmy Yusman Santoso mengungkapkan, perusahaan sudah melakukan beberapa langkah untuk saving energy, tapi ia mengaku hal tersebut tak bisa dilakukan sendirian.

"Karena yang paling banyak pakai energi itu telco operator. Jadi, kita juga harus bekerja sama, untuk sama-sama sukseskan. Secara teknis, masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan," kata Helmy saat ditemui di kantornya di kawasan Rasuna Epicentrum, Jakarta, Kamis, 27 Oktober 2022.

Menurutnya, energi alternatif dari segi environment, social, and governance (ESG) sangat bagu, namun harganya masih mahal.

"Karena kan kalau listrik dari PLN itu disubsidi, kalau beli solar panel dan lain-lain itu dari satu sisi investasinya masih mahal," lanjut Helmy.

Helmy juga mengaku jika solar panel efektivitasnya belum sebagus listrik dari PLN. Namun, Helmy mengaku bahwa teknologi semakin maju dan TBIG sebagai penyedia infrastruktur tidak boleh berpangku tangan.

"Kita pastikan TBIG tidak akan diam saja. Kita selalu adakan pilot project, walaupun baru pilot project tapi kita yakin akan menuju ke sana (energi terbarukan)," kata Helmy.