<p>Sumber: Google Blog</p>
Nasional & Dunia

GameSnacks dari Google Bakal Muncul di Aplikasi Gojek

  • JAKARTA – Kebanyakan orang menyukai gim, tapi tidak semua orang memainkannya. Terutama gim web, permainan tersebut tidak banyak digunakan karena sulit diakses pada jaringan 2G atau 3G di perangkat memori gadget yang rendah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Google merilis GameSnacks sebagai bagian dari proyek eksperimental. Gim HTML5 tersebut dibuat dengan tujuan agar lebih mudah diakses […]

Nasional & Dunia
Aprilia Ciptaning

Aprilia Ciptaning

Author

JAKARTA – Kebanyakan orang menyukai gim, tapi tidak semua orang memainkannya. Terutama gim web, permainan tersebut tidak banyak digunakan karena sulit diakses pada jaringan 2G atau 3G di perangkat memori gadget yang rendah.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Google merilis GameSnacks sebagai bagian dari proyek eksperimental. Gim HTML5 tersebut dibuat dengan tujuan agar lebih mudah diakses untuk ponsel dengan jaringan apa pun di seluruh dunia. Asalkan terhubung dengan internet, gim tersebut cepat dan mudah dimainkan di semua perangkat.

Pada saat internet dijalankan, biasanya pengguna jaringan 3G dengan ponsel berkapasitas RAM 1 GB akan meninggalkan halaman lemot yang memuat waktu lebih dari tiga detik, tetapi dengan hadirnya GameSnacks, orang akan berpikir ulang untuk menutup internetnya.

Pasalnya gim tersebut dapat dijalankan bahkan dalam kondisi jaringan yang lebih lambat dari 1 Mbps. Tower, misalnya, salah satu varian gim dari GameSnacks yang populer tersebut dapat dimainkan di perangkat RAM 1 GB dengan jaringan 3G. Kinerja yang dijalankan Google, yakni dengan cara mengurangi ukuran halaman HTML dan mengompres aset lain, seperti skrip, gambar, dan suara.

Dalam hal tampilan, gim ini didesain sederhana sehingga ideal untuk gamer pemula. Permainannya pun hanya berlangsung selama beberapa menit, dan memiliki instruksi langsung yang mudah dipelajari. Pengguna dapat memainkannya di perangkat Android, iOS, maupun desktop.

Rencana Kemunculan di Aplikasi Gojek

Google dalam rilis resminya menjelaskan bahwa pihaknya juga bermitra dengan Gojek untuk menghadirkan gim tersebut melalui GoGames.

Sebagai salah satu platform terkemuka di Asia Tenggara, Gojek dinilai dapat menjadi wadah yang dapat mengembangkan permainan ini. Melalui kemitraan tersebut, Google ingin memberikan baik pengalaman baru maupun kemudahan akses bagi gamer di Asia Tenggara yang dimulai dari Indonesia.