Tidak Hanya Bikin Hidup Tenang, Inilah Manfaat Memiliki Passive Income
Nasional

Gampang Banget! Ini Cara Cek BLT Subsidi Gaji Rp600.000 Lewat HP

  • Inilah cara cek Bansos Rp600.000 melalui ponsel atau HP. Selamat mencoba.
Nasional
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Pemerintah RI memberikan bantuan sosial atau bansos dengan total Rp 24,17 triliun, di mana anggaran tersebut berasal dari dana subsidi BBM. Jenis bantuannya yaitu bantuan langsung tunai (BLT) dan Bantuan Subsidi Upah (BSU).

Bansos BLT BBM 2022 senilai Rp600.000 diberikan dalam 2 kali tahapan penyaluran, di mana tahapan pertama akan disalurkan pada bulan September 2022 sebesar Rp 300.000.

BSU 2022 adalah  salah satu bantuan sosial yang dikeluarkan oleh pemerintah dan ditargetkan untuk membantu 16 juta pekerja yang memiliki gaji maksimum Rp3,5 juta per bulan.

Bagi Anda yang ingin mengetahui cara cek bansos lewat HP, Anda bisa menyimak beberapa cara berikut ini.

Pertama, kunjungi situs cekbansos.kemensos.go.id melalui browser yang terdapat di ponsel Anda. Kemudian pada bagian Wilayah PM (Penerima Manfaat), pilih provinsi, kabupaten atau kota, kecamatan, dan desa sesuai dengan KTP Anda.

Setelah itu, isi nama Anda sesuai dengan yang tercantum pada KTP. Jika sudah, ketik 8 huruf kode Captcha yang dipisahkan dalam spasi. Jika huruf kode masih kurang jelas, klik ikon berwarna merah untuk mendapatkan huruf kode yang baru. Kemudian klik tombol ‘Cari Data’.

Sistem Cek Bansos Kemensos ini akan mencari nama Anda sesuai dengan wilayah yang Anda inputkan sebelumnya.

Itu tadi cara cek Bansos Rp600.000 melalui ponsel atau HP. Selamat mencoba.