Kerja sama Kalbe dengan Amarox dalam meluncurkan obat antivirus COVID19 baru.
Korporasi

Gandeng Anak Usaha Perusahaan Farmasi Asal India, Kalbe Farma (KLBF) Luncurkan Antivirus COVID19 Baru

  • PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) berkolaborasi dengan PT Amarox Global Pharma (Amarox) anak usaha Hetero suatu perusahaan farmasi asal India, memasarkan obat anti virus COVID19 terbaru (Movfor) atau Molnupiravir.
Korporasi
Merina

Merina

Author

JAKARTA - PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) berkolaborasi dengan PT Amarox Global Pharma (Amarox) anak usaha Hetero suatu perusahaan farmasi asal India, memasarkan  anti virus COVID19 terbaru (Movfor) atau Molnupiravir.

Berdasarkan keterangan resmi perseroan, Movfor merupakan obat terapi COVID19 bagi pasien berumur 18 tahun dengan gejala ringan hingga sedang, yang tidak memerlukan oksigen dan memiliki indikasi menjadi infeksi berat, sesuai dengan pedoman tatalaksana COVID19 di Indonesia.

Movfor merupakan anti virus baru yang telah mendapatkan Emergency Use Authorization dari FDA Amerika Serikat maupun dari BPOM pertama di Indonesia, dan telah resmi diluncurkan pada 15 Februari 2022 oleh PT Amarox Global Pharma.

Sandeep Sur, General Manager PT Amarox Pharma Global mengungkapkan, Mofvor telah digunakan di India dan beberapa negara ASEAN.

"Berdasarkan hasil uji klinis fase 3, Molnupiravir efektif pada varian virus SARS-CoV-2 yang ada saat ini dan berpotensi menghambat infeksi varian Omicron SARS-CoV-2 dengan hasil RT-PCR viral clearance 100 % pada hari ke-5,” kata Sandeep dalam keterangan resmi yang dikutip Jumat, 18 Februari 2022.

Mulia Lie, Direktur Kalbe mengatakan, perseroan akan mendukung pemerintah dalam menanggulangi COVID19, serta dengan kemampuan infrastruktur pemasaran dan distribusi perseroan yang kuat, diharapkan dapat mempercepat penanggulangan pandemi COVID19 dengan mengejar askses dan ketersediaan obat yang lebih luas di Indonesia.

"Kerja sama pemasaran obat Movfor (Molnupiravir) merupakan kelanjutan dari kerja sama obat COVID-19 lainnya yakni Covifor (Remdesivir) dan Fluvir (Oseltamivir). Ketiga obat antivirus ini akan membantu memperkuat ketersediaan obat COVID-19 bagi masyarakat,” kata Mulia.

Adapun sebelumnya, Kalbe telah bekerja sama dengan Amarox sebagai mitra dalam pemasaran distribusi obat antivirus COVID19.

"Amarox Pharma Global (Hetero) kembali berkolaborasi dengan Kalbe untuk melakukan pemasaran bersama Movfor (Molnupiravir) untuk meningkatkan dan memperluas akses obat ini bagi pasien COVID-19 di seluruh Indonesia, melanjutkan kerja sama yang sudah berjalan terkait obat anti virus COVID-19”, imbuh Sandeep Sur.