Akses internet stabil dukung layanan lembaga keuangan.
Perbankan

Gandeng Bank Asal Malaysia, MNC Kapital (BCAP) Dukung TKI Lewat Layanan Ini

  • PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) dan Bank Kerjasama Rakyat Malaysia Berhad (Bank Rakyat) telah menjalin kemitraan baru yang mencakup penyediaan fasilitas pembiayaan syariah, serta layanan perbankan dan remitansi untuk pekerja migran di Malaysia.
Perbankan
Alvin Pasza Bagaskara

Alvin Pasza Bagaskara

Author

JAKARTA - PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) dan Bank Kerjasama Rakyat Malaysia Berhad (Bank Rakyat) telah menjalin kemitraan baru yang mencakup penyediaan fasilitas pembiayaan syariah, serta layanan perbankan dan remitansi untuk pekerja migran di Malaysia.

Kerja sama ini memperkuat layanan perbankan dan remitansi lintas negara bagi pekerja migran atau tenaga kerja Indonesia (TKI) dan memungkinkan mereka mendapatkan pembiayaan syariah sebelum berangkat ke luar negeri khususnya di Malaysia. 

Pembiayaan ini dapat digunakan sebagai modal untuk berbagai prosedur administrasi sebelum keberangkatan, serta memberikan dukungan keuangan bagi keluarga mereka di kampung halaman.

Di samping itu, Bank Rakyat akan berperan sebagai mitra layanan perbankan bagi pekerja migran di Malaysia. Mereka akan dapat melakukan transaksi pemotongan otomatis dari gaji yang diterima selama bekerja di Malaysia, dengan dana tersebut secara langsung disalurkan ke rekening MotionBank, platform perbankan digital yang dimiliki oleh MNC Kapital.

Direktur Utama MNC Kapital, Yudi Hamka, menyatakan keyakinannya bahwa kolaborasi ini akan mendukung kegiatan keuangan Pekerja Migran Indonesia (PMI). Ia menyebut, menurut data yang dikeluarkan oleh Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia pada Juni 2023, hampir 136 ribu pekerja telah berangkat pada tahun ini, dan lebih dari 38 ribu di antaranya ditempatkan di Malaysia.

“Selain meraih pertumbuhan dari sisi user acquisition dan volume transaksi, merupakan suatu kehormatan, MNC Kapital dapat ambil bagian dalam mempermudah pengalaman perbankan dan pembiayaan melalui berbagai inovasi brand Motion,” ungkap Yudi dalam keterangan resmi, Senin, 23 Oktober 2023. 

Yudi menekankan bahwa kerjasama ini juga menyediakan kemudahan dalam transfer lintas negara dan berbagai fasilitas transaksi online untuk memastikan kenyamanan pekerja migran beserta keluarga mereka di Indonesia. Selain itu, layanan ini dapat dimanfaatkan oleh PMI untuk mengajukan klaim Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

Sementara itu, Ketua Pegawai Eksekutif Bank Rakyat, Dato’ Dr. Mohammad Hanis Osman menyatakan bahwa bank juga mengidentifikasi peluang kerjasama dalam ranah perbankan digital bersama MotionBank. 

“Tujuannya adalah untuk memperkuat upaya Bank Rakyat dalam mengembangkan layanan perbankan digital kepada nasabah di kedua negara di masa yang akan datang,” jelasnya.