Logo gerai apotek Kimia Farma, Kamis 19 Agustus 2021. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
BUMN

Gandeng BUMDes, Kimia Farma Kembangkan Program Warung Sehat

  • Warung Sehat merupakan sebuah apotek yang dimiliki oleh BUMDes yang bekerjasama dengan Kimia Farma.
BUMN
Bintang Surya Laksana

Bintang Surya Laksana

Author

JAKARTA - PT Kimia Farma Apotek (KFA) gandeng Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) untuk kembangkan Program Warung Sehat dalam upaya memberikan kemudahan masyarakat memperoleh produk kesehatan terutama di pedesaan.

Direktur Utama KFA, Agus Chandra dalam keterangan pada Kamis, 12 Oktober 2023 di Jakarta seperti dilansir Antara menyatakan Program Warung Sehat diciptakan untuk perluasan jangkauan layanan kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), dan pemerataan layanan kesehatan.

“Tujuan kami sebagai bagian dari BUMN Holding Farmasi adalah sesuai arahan dari Kementerian BUMN kami harus memberdayakan masyarakat dan melakukan pemerataan pelayanan kesehatan di manapun berada, supaya masyarakat Indonesia selalu sehat,” ujar Agus Chandra.

Pada tahap awal, Kimia Farma dan Pemerintah Provinsi Lampung menjalin kolaborasi untuk mengenalkan Warung Sehat dan Program Aplikasi Sehat Berjaya di Desa Raman Endra, Kecamatan Raman Utara, Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung pada 12 Oktober 2023. Warung Sehat tersebut merupakan sebuah apotek yang dimiliki oleh BUMDes yang bekerjasama dengan KFA dengan tujuan untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses produk-produk kesehatan.

Agus Chandra menjelaskan bahwa peluncuran Warung Sehat di Lampung merupakan hasil kerja sama perdana antara Kimia Farma dan pemerintah provinsi di Indonesia. Agus Chandra berharap inisiatif ini bisa diadopsi dan diterapkan di berbagai desa di seluruh Indonesia.

Warung Sehat yang didukung oleh Kimia Farma telah terintegrasi dengan Layanan Link Sehat Berjaya yang dikelola oleh Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Transmigrasi (PMDT) dan Dinas Kesehatan.

Link Sehat Berjaya merupakan platform berbasis web yang disediakan oleh Pemerintah Provinsi Lampung untuk memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat di berbagai desa di provinsi tersebut.

Selain itu, masyarakat memiliki akses untuk berkonsultasi dengan apoteker dari Kimia Farma yang siap memberikan pelayanan 24 jam. Setelah konsultasi, warga dapat menebus resep obat atau produk kesehatan sesuai dengan rujukan dokter di apotek Kimia Farma atau Warung Sehat yang direkomendasikan.