PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) bersama Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak mengadakan kampanye simpatik Spectaxcular 2023 pada Minggu 6 Agustus 2023 di Jakarta.
Nasional

Gandeng Ditjen Pajak, BNI Edukasi Perbankan dan Perpajakan untuk UMKM

  • PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) bersama Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak mengadakan edukasi perbankan dan perpajakan dalam pengoptimalan penerimaaan pajak masyarakat terutama pelaku UMKM.
Nasional
Alvin Pasza Bagaskara

Alvin Pasza Bagaskara

Author

JAKARTA – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) bersama Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak mengadakan kampanye simpatik Spectaxcular 2023 pada Minggu 6 Agustus di Jakarta. Acara tersebut bertujuan untuk mengenalkan perbankan dan perpajakan dalam pengoptimalan penerimaaan pajak masyarakat terutama pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). 

“BNI juga mendukung pertumbuhan UMKM nasional melalui produk dan layanan yang bersinergi dengan DJP dan tetap konsisten dengan APBN dan pajak, termasuk mendukung Reformasi Perpajakan melalui Pembaruan Sistem Inti Administrasi Perpajakan (PSIAP)," jelas Direktur Institutional Banking BNI Muhammad Iqbal dalam keterangan resminya dikutip, Selasa 08 Agustus 2023.

Pria yang akrab disapa Iqbal juga mengatakan PSIAP akan mengubah sistem perpajakan menjadi lebih andal, terintegrasi, dan akurat, dengan memberikan kemudahan dan meningkatkan kualitas layanan bagi wajib pajak.

"Dalam program ini, masyarakat dapat memanfaatkan layanan BNI untuk menyetorkan kewajiban pajak melalui berbagai pilihan channel yang disediakan BNI, seperti BNI Mobile Banking, Internet Banking, Mini Atm/EDC, dan Agen46 dengan proses yang mudah, cepat, dan dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja," ungkap Iqbal.

Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan acara ini merupakan bentuk edukasi pajak dan APBN. Pasalnya, Pajak dan APBN dirasakan oleh setiap warga dalam berbagai bentuk seperti subsidi energi hingga pembangunan.

"Jadi, kita (Kemenkeu) akan makin terus transparan,makin terus memperbaiki, makin terus melayani, kita akan terus edukasi. Kalau ada yang salah, kita akan terus koreksi," kata Sri Mulyani.

Di sisi lain, Dirjen Pajak, Suryo Utomo mengatakan acara tersebut diisi dengan beragam layanan seperti layanan pemadanan NIK-NPWP, pencetakan NPWP, konsultasi perpajakan, dan Gelar wicara BDS (Business Development Service) dengan BNI untuk mendorong dan meningkatkan daya saing UMKM secara global dengan fasilitas layanan dan produk dari BNI.

Sebagai informasi, Spectaxcular 2023 dilaksanakan di Anjungan Sarinah dan Kawasan Car Free Day, Jalan MH Thamrin, Minggu 6 Agustus 2023 di Jakarta. Kegiatan ini memperkenalkan beragam produk layanan perpajakan dan perbankan terkini yang memudahkan pengoptimalan penerimaan pajak.

Acara tersebut turut dihadiri Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara, Dirjen Pajak Suryo Utomo, serta pejabat eselon I dan II Kementerian Keuangan.