<p>Aplikasi Senyumku Amar Bank/ Amar Bank</p>
Industri

Gandeng Google Cloud, Aplikasi Senyumku Dilengkapi Kecerdasan Buatan

  • JAKARTA—Amar Bank bekerja sama dengan Google Cloud memperkenalkan produk Senyumku sebagai digital-only bank pertama di Indonesia yang diluncurkan di cloud. Kerja sama tersebut juga turut didukung oleh FIS Cloud dan Infofabrica. Dukungan diberikan untuk pemanfaatan kecerdasan data analytics dan machine learning dalam sistem perbankan. “Yang membedakan Senyumku dengan bank digital lainnya adalah dukungan dari AI […]

Industri
Khoirul Anam

Khoirul Anam

Author

JAKARTA—Amar Bank bekerja sama dengan Google Cloud memperkenalkan produk Senyumku sebagai digital-only bank pertama di Indonesia yang diluncurkan di cloud.

Kerja sama tersebut juga turut didukung oleh FIS Cloud dan Infofabrica. Dukungan diberikan untuk pemanfaatan kecerdasan data analytics dan machine learning dalam sistem perbankan.

“Yang membedakan Senyumku dengan bank digital lainnya adalah dukungan dari AI (artificial intellegence), yang menggunakan kecerdasan dalam pengelolaan informasi, sehingga dapat mendorong nasabah untuk meningkatkan tabungannya,” kata Presiden Direktur Amar Bank Vishal Tulsian dikutip dari keterangan resmi, Rabu, 1 Juli 2020.

Lebih lanjut Vishal mengungkapkan, kehadiran Google Cloud memungkinkan pihaknya lebih mudah dan efisien dalam pengelolaan layanan. Ditambah, dengan solusi Google Data Analytics dan AI yang menjadi kunci untuk memberikan pengalaman nasabah yang lebih baik.

“Secara singkat, Google Cloud menawarkan tiga manfaat besar, yaitu skalabilitas, keamanan, dan kecerdasan artifisial bawaan,” lanjut dia.

Disebutkan, Senyumku memiliki kecerdasaan buatan untuk mengetahui kesehatan keuangan dan menawarkan cara mudah untuk mengelola keuangan nasabah.

Aplikasi ini memberitahu nasabah akan pola pemasukan dan pengeluaran keuangan dan mendorong nasabah untuk membangun kebiasaan menabung.

Fitur-fitur Senyumku

Adapun Senyumku hadir dalam versi lite dengan fitur-fitur yang dapat digunakan melalui empat langkah, yaitu validasi, registrasi, Electronic Know Your Customer (E-KYC), dan pembuatan akun.

Fitur yang sudah dapat digunakan di antaranya adalah manajemen keuangan pribadi dan investasi dalam bentuk deposito. Di samping itu, nasabah dapat menggunakan fitur top up untuk menambahkan akun bank lain. Nasabah juga dapat menambahkan akun dompet digital sebagai informasi dalam manajemen keuangan pribadi.

“Saat ini senyumku lite sudah dapat diunduh melalui Playstore yang memudahkan nasabah untuk memonitor keuangan mereka, di mana saja dan kapan saja hanya melalui smartphone,” terang Vishal.

Sebagai informasi, sejak peluncuran regional Google Cloud di Jakarta, pengembang fintech Tunaiku ini telah menggunakan teknologi Google Cloud. Teknologi cloud digunakan untuk keperluan peluncuran berbagai produk dan fitur, arsitektur big data, AI, analytics, dan sebagainya.