<p>Chairman MNC Group, Konglomerat Hary Tanoesoedibjo saat meresmikan pembangunan Movieland milik PT MNC Studios International Tbk (MSIN) / Facebook @harytanoeofficial</p>
Industri

Gandeng Infokom, Hary Tanoe Bangun Techno Park di KEK MNC Lido City

  • JAKARTA - Emiten properti di bawah naungan MNC Group, PT MNC Land Tbk (KPIG) menggandeng PT Infokom Elektrindo (Infokom) sebagai penyedia infrastruktur di Kawas
Industri
Aprilia Ciptaning

Aprilia Ciptaning

Author

JAKARTA - Emiten properti di bawah naungan MNC Group, PT MNC Land Tbk (KPIG) menggandeng PT Infokom Elektrindo (Infokom) sebagai penyedia infrastruktur di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata MNC Lido City.

Kerja sama tersebut diwujudkan dalam pendirian Techno Park di kawasan, yang meliputi penyediaan infrastruktur Teknologi Informasi (TI) inti, backbone, jaringan fiber optik dan data center.

Selain itu, cleantech dan sumber energi terbarukan seperti pembangkit tenaga surya juga akan dihadirkan di Techno Park.

“Infokom bertindak sebagai investor utama yang akan mengelola mitra strategis TIK lainnya di KEK MNC Lido City,” ujar Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo dalam keterangan tertulis, Senin, 11 Oktober 2021.

Adapun Techno Park ini memiliki landbank seluas 1.040 Hektare (Ha) di KEK dari total luas 3.000 Ha. Sementara itu, ketersediaan daya mencapai 450 MegaWatt (MW).

Untuk transportasi alias aksesibilitasnya, dapat ditempuh 45 menit dari Jakarta melalui jalan tol Bocimi, serta akses stasiun kereta api Lido.

Sebagai informasi, MNC Lido City ditetapkan sebagai KEK usai Presiden Joko Widodo menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) nomor 69 tahun 2021.

Dengan terbitnya PP tentang KEK Pariwisata Lido ini, seluruh investor dan pelaku usaha di dalam KEK MNC Lido City dapat menikmati insentif, termasuk pembebasan Pajak Pertambahan Nilai (PPN), Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM), PPh Badan, Cukai, dan Bea Masuk Impor.

Lalu ada juga keuntungan bagi investor terkait lalu lintas barang, ketenagakerjaan, keimigrasian, pertanahan dan tata ruang, perizinan berusaha, dan/atau fasilitas serta kemudahan lainnya.

Kawasan MNC Lido City dikelilingi oleh populasi lebih dari 70 juta jiwa dan akses langsung jalan tol dari Jakarta. Di dalamnya, MNC Land berencana membangun beberapa proyek pariwisata yang dapat mengundang wisatawan lokal maupun mancanegara. Ada 6 proyek pariwisata yang sedang dijalankan MNC Land.

1. Lido Music & Arts Center

Ini merupakan venue festival musik dan seni outdoor dengan konsep amphitheatre di Indonesia yang dapat menampung 50.000 pengunjung dengan 4 panggung dan pertunjukan yang berbeda secara bersamaan. Lido Music & Arts Center terinspirasi dari Coachella Valley Music and Arts Festival di California, Amerika.

2. Golf Course & Country Club berstandar PGA

MNC Land juga akan membangun lapangan golf berstandar Professional Golfers’ Association (PGA). Untuk mencapai itu, mantan pegolf nomor satu dunia sekaligus desainer lapangan golf, Ernie Els, mendesain lapangan golf ini.

KPIG akan menghadirkan lapangan golf dengan 18-hole yang memiliki panorama Gunung Salak dan Gunung Gede-Pangrango yang terbentang luas. Saat ini, progres konstruksi lapangan golf ini sudah hampir 80%.

3. Lido Lake Resort

Lido Lake Resort sebenarnya sudah beroperasi dan berlokasi di dekat Danau Lido Cigombong. Resor berbintang 5 ini dikelola oleh anak usaha MNC Land, yaitu MNC Hotel.

Akibat tingginya permintaan, MNC Land berencana menambah lagi 125 ruangan di samping Lido Lake Resort yang sudah terbangun ini. Selain itu, akan dikembangkan juga Lido Adventure Park, kegiatan rekreasi air, ruang acara dan berbagai fasilitas pendukung.

4. Movieland

Proyek ini bekerja sama dengan perusahaan MNC Group di bidang perfilman, yaitu PT MNC Studios International Tbk (MSIN). Movieland akan menawarkan kompleks produksi film dan video independen paling terintegrasi pertama di Indonesia dengan beragam set backlot luar ruangan dari alam hingga perkotaan serta studio indoor dengan layar hijau. Movieland juga dilengkapi dengan area pasca produksi dan fasilitas pendukung lainnya.

5. MNC World Lido

Ini akan menjadi theme park berkelas dunia yang pertama di Indonesia. MNC World Lido akan menampilkan 6 zona bertema, 18 wahana, 15 pertunjukan & atraksi, 18 gerai F&B, 21 gerai ritel, aula serbaguna, dan lain-lain. Karakter-karakter lokal dan orisinal dari MNC Animation juga akan meramaikan theme park ini.

6. Lido World Garden

Ini merupakan taman wisata edukasi dan rekreasi keluarga berstandar internasional yang menampilkan beraneka ragam flora dan fauna. Lido World Garden terinspirasi dari keindahan Dubai Miracle Garden yang terkenal di dunia.