Korporasi

Gandeng Kemenkop UKM, Bank Sinarmas Siap Kucurkan KUR Rp1,25 Triliun

  • JAKARTA – PT Bank Sinarmas Tbk berkolaborasi dengan Kementerian Koperasi dan UKM  (Kemkop UKM) selaku Kuasa Pemberi Anggaran bakal menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) senilai Rp1,25 triliun pada 2021. “Perjanjian Kerjasama Pembiayaan antara Kuasa Pemberi Anggaran dengan Penyalur KUR menjadi salah satu persyaratan sebelum penyaluran KUR,” kata Micro and Small Business Group Head Bank Sinarmas […]

Korporasi
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – PT Bank Sinarmas Tbk berkolaborasi dengan Kementerian Koperasi dan UKM  (Kemkop UKM) selaku Kuasa Pemberi Anggaran bakal menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) senilai Rp1,25 triliun pada 2021.

“Perjanjian Kerjasama Pembiayaan antara Kuasa Pemberi Anggaran dengan Penyalur KUR menjadi salah satu persyaratan sebelum penyaluran KUR,” kata Micro and Small Business Group Head Bank Sinarmas Muktiono Wibowo dalam keterangan tertulis, Kamis 29 April 2021.

Sejak 2015 menjadi bank penyalur KUR, Bank Sinarmas telah memiliki sistem yang memadai dan terintegrasi secara host to host dengan Sistem Informasi Kredit Program (SIKP).

Tak heran, sekitar 80% dari portofolio kredit Bank Sinarmas didominasi oleh kredit UMKM. Bank bersandi saham BSIM ini berharap penyaluran KUR dapat mendorong Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) terhadap pelaku UMKM di Indonesia pada era pandemi COVID-19.

Pada kesempatan berbeda, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto melaporkan, hingga awal April 2021 mencapai Rp63,13 triliun. Artinya realisasi ini setara dengan 24,9% dari target yang ditetapkan oleh pemerintah untuk tahun ini yaitu sebesar Rp253 triliun.

Airlangga optimistis penyaluran KUR tahun ini akan bisa sesuai target. Sebab tahun lalu realisasi penyaluran KUR mencapai Rp198,53 triliun atau melebihi target Rp190 triliun.

Berkaca dari tahun lalu, Presiden Joko Widodo menargetkan penyaluran KUR 2021 bisa mencapai Rp250 triliun hingga akhir tahun. (RCS)