Fabrication Lab
Nasional

Gandeng Kemenperin, Jababeka Resmikan FabLab Correctio Jadi Ekosistem Start Up

  • Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dan juga PT. Jababeka Tbk serta Pusat Industri Digital 4.0 (PIDI 4.0) meresmikan fasilitas FabLab Correctio di President University Convention Center, Cikarang, Kamis, 8 September 2022.
Nasional
Feby Dwi Andrian

Feby Dwi Andrian

Author

JAKARTA - Kementerian Perindustrian (Kemenperin), PT Jababeka Tbk serta Pusat Industri Digital 4.0 (PIDI 4.0) meresmikan fasilitas Fabrication Lab (FabLab) Correctio di President University Convention Center, Cikarang, Kamis, 8 September 2022.

FabLab Correctio ini bertujuan untuk membangun beberapa ekosistem teknologi seperti delivery, engineering, AI, hingga robotics

Keberadaan FabLab di Correctio ini memang sangat penting karena mendukung upaya pembentukan Silicon Valley versi Indonesia sekaligus menjadi magnet bagi para penggiat start-up.

Menurut Direktur PIDI 4.0, Kementerian Perindustrian, Tirta Wisnu Permana, berharap bahwa industri-industri yang ada di kawasan Jababeka dan start-up lokal bisa mendapatkan pengalaman dan ilmu untuk mengembangkan usahanya. 

“Saya berharap FabLab Correctio bersama PIDI 4.0 dan mitra industri lain bisa melahirkan start-up unggul yang bisa mengeluarkan solusi terkait industi 4.0,” ucap Tirta Wisnu Permana di Bekasi, Kamis, 8 September 2022. 

Adapun demonstrasi serta produk display PIDI 4.0 akan dilakukan di FabLab Correctio, dengan tujuan mendorong inovasi industri guna solusi bagi permasalahan industri saat ini dan yang akan datang. 

Perlu diketahui, FabLab merupakan sebuah laboratorium fabrikasi yang ditujukan sebagai pusat pengembangan kompetensi dan purwarupa berbagai tempat terkait produk impelementasi industry 4.0.

Di FabLab beberapa alat untuk membuat produk sudah disiapkan seperti printer 3D, 3D printer 3 in 1 (3D printer, cnc milling, laser cutting) lengan robot, hingga arduino.