PT Pakuwon Jati Tbk
Infrastruktur

Gandeng Marriott International, Pakuwon Bangun 3 Hotel di IKN

  • Rencananya pembangunan hotel tersebut berada di titik strategis IKN yaitu di depan Taman Sumbu Kebangsaan.

Infrastruktur

Khafidz Abdulah Budianto

JAKARTA - PT Pakuwon Jati Tbk (Pakuwon) menjalin kerja sama dengan jaringan hotel internasional Marriott International guna membangun tiga hotel di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. 

Penandatanganan kerja sama tersebut merupakan tindak lanjut dari kesepakatan kerja sama antara Pakuwon dengan PT Bina Karya (Persero) terkait pembangunan pusat perbelanjaan terintegrasi di IKN pada Juli 2023.

Pihak Otoritas IKN (OIKN) menyambut baik penandatanganan kerja sama tersebut. “Sungguh sebuah kehormatan bisa bekerja sama dengan Pakuwon,” ujar Wakil Kepala OIKN Dhony Rahajoe, dikutip dari Antara, Kamis 14 September 2023.

Terdapat tiga hotel yang nantinya akan dibangun yaitu Westin, Four Points dan Tribute Portfolio. Rencananya pembangunan hotel tersebut berada di titik strategis IKN yaitu di depan Taman Sumbu Kebangsaan. “Properti berupa hotel dibangun di lokasi yang sangat strategis, yaitu depan Taman Sumbu Kebangsaan,” ujar Dhony. 

Tarik Ratusan Investor

Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Agung Wicaksono menyatakan jika pembangunan (IKN) Nusantara telah menarik ratusan investor. Hingga September 2023, tercatat ada 284 investor yang tengah dalam tahap pemrosesan Letter of Intent (LoI) oleh Pihak Otorita IKN

Hampir separuh investor yang tertarik tersebut berasal dari dalam negeri, sementara sisanya berasal dari luar negeri. “Hampir setengahnya dari dalam negeri,” ujar Agung. Negara tetangga yang tertarik berinvestasi di IKN seperti Malaysia dan Singapura serta negara Asia lain seperti China dan Jepang. 

Rencananya pekan depan akan ada peletakan batu pertama (groundbreaking) oleh investor swasta dalam hal pembangunan sejumlah infrastruktur yang meliputi hotel, rumah sakit, pusat perbelanjaan dan fasilitas olahraga.

Sebelumnya, tujuh investor swasta dalam negeri dikabarkan akan melakukan pembangunan infrastruktur publik di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Penandatanganan kesepakatan pembangunan telah dilakukan antara investor dengan badan usaha milik Otorita Ibu Kota Negara (OIKN) Bina Karya. Peletakan batu pertama (groundbreaking) direncanakan dimulai pada bulan Agustus atau September mendatang.